google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

10 Lagu Ini Terbukti Secara Sains Dapat Menenangkan Pikiran


0

Ada banyak cara untuk merelaksasikan badan dan pikiran seperti meditasi, yoga, tidur, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi. Salah satu cara paling mudah untuk menenangkan pikiran adalah dengan mendengarkan musik. Mungkin kalian memiliki playlist tersendiri yang khusus untuk menenangkan pikiran dan untuk melepaskan stres. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh neoroscientist dari Mindlab International mencatat respon fisiologis dari 40 partisipan wanita terhadap lagu-lagu tertentu sembari memecahkan puzzle yang kompleks. Dari beberapa lagu yang diputarkan, lagu yang berjudul Weightless dari band Inggris Marcony Union mencetak 11 persen lebih tinggi dalam hal relaksasi dibanding lagu lainnya. Lagu ini menyebabkan rasa kantuk dan ketika lagu ini diputar, kecemasan (anxiety) berkurang sebanyak 65 persen dan membawa mereka pada tingkat istirahat (resting rates) sebanyak 35 persen. 

Lyz Cooper dari British Academy of Sound Therapy menjelaskan bahwa lagu ini menggunakan fenomena biomusikologis yang disebut dengan “entertainment”. Cooper menuturkan bahwa “Lagu itu berisi ritme yang berkelanjutan yang dimulai pada 60 ketukan per menit lalu secara bertahap melambat menjadi 50 ketukan per menit. Saat mendengarkan lagu ini, detak jantung anda akan sedikit demi sedikit menyamai ketukan di lagu itu. 

Selain lagu ini, terdapat lagu-lagu lain yang terbukti secara sains dapat menenangkan pikiran. Berikut adalah daftar dari lagu-lagu tersebut:

1. Marcont Union “Weightless”

Dalam lagu ini sebenarnya tidak terdapat melodi, hanya serangkaian nada dengan beberapa sampel soundscapes. Kord yang tetap dan konstan dalam lagu yang berdurasi 8 menit ini memiliki efek yang sama dengan hipnosis.

2. Airstream “Electra”

Lagu ini memiliki kemiripan dengan “Weightless” dimana tempo lagu disamakan dengan dengan denyut jantung dalam keadaan istirahat yang optimal yaitu 60 – 65 denyut per menit. Lagu ini juga dapat digunakan sebagai latar musik saat melakukan yoga.

3. DJ Shah “Mellomaniac (Chillout Mix)”

Lagu ini memiliki tempo yang mellow dan bisa dikatakan sedikit sensual. Yang membuat lagu ini memiliki efek menenangkan adalah gitar reverb di atas ostinato, yang merupakan pola musik yang berulang. Pengulangan ini akan membebaskan pikiran untuk merasakan musik daripada menganalisisnya. 

4. Enya “Watermark”

Lagu ini memiliki aransemen piano yang sederhana, dipadukan dengan suara lembut dari penyanyi membuat lagu ini cocok untuk menenangkan pikiran. Dengan paduan suara dan iringan synthesizer yang menciptakan white noise, lagu ini terbukti mendorong pikiran kita untuk tenang.

5. Coldplay “Strawberry Swing”

Berbeda dengan lagu-lagu diatas, lagu ini memiliki lirik. Lagu ini memiliki tempo yang sedikit lebih tinggi dan liriknya sendiri memiliki vibe yang bebas (carefree). 

6. Barcelona “Please Don’t Go”

Hampir sama dengan “Electra”, lagu ini tidak memiliki bass yang berat dan menggunakan frekuensi tinggi dan frekuensi menengah pada piano dan strings-nya. Lagu ini juga ditulis dengan kunci minor, yang biasa dapat kita temukan pada lagu-lagu sedih.

7. All Saints “Pure Shores”

Lagu ini diklaim sebagai dream-pop relaxing song yang memiliki vibe tahun 2000-an klasik. Meskipun tempo dalam lagu ini memiliki vibe yang ceria, namun lagu ini juga terbukti dapat menengankan pikiran. 

8. Adele “Someone Like You”

Siapa yang tak kenal lagu dari penyanyi populer asal Inggris ini. Menurut para ilmuwan, hampir semua hal tentang lagu ini diatur untuk membuat para pendengarnya menangis. Menurut salah seorang penulis dari The Daily Mail, “Pada bagian chorus, suara Adele melonjak satu oktaf dan mengeluarkan not-not dengan volume yang meningkat. Pada saat yang sama, harmoni bergeser dan liriknya menjadi lebih dramatis.”

9. Mozart “Canzonetta Sull’aria”

Lagu klasik memang sering muncul di benak banyak orang ketika berbicara tentang lagu yang dapat merelaksasikan pikiran. Lagu dari Mozart ini adalah salah satunya. Dengan ciri khas Mozart ditambah dengan suara perempuan yang halus, lagu ini terbukti dapat menenangkan pikiran.

10. Cafe Del Mar “We Can Fly”

Beat mid-tempo yang ada dalam lagu ini dapat membuat kalian dapat membayangkan perjalanan ke negara yang eksotis. Lagu ini juga mengandung white noise yang dapat menenangkan pikiran. 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF