google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

10 PTN dengan Peminat Terbanyak di SBMPTN 2019


0

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil SBMPTN 2019 melalui situs resminya pada 9 Juli pukul 15.00 WIB.

Sebelum pengumuman secara online tersebut, konferensi pers digelar oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisdikti) pada 9 Juli di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta.

Dalam konferensi pers tersebut, Mohammad Nasir selaku Menristekdikti dengan didampingi oleh Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 yang akan diumumkan secara online.

Melansir tribunnews.com, Dalam konferensi pers tersebut juga dijelaskan bahwa SBMPTN 2019 melibatkan 85 PTN di Indonesia dengan total daya tampung sebanyak 181.465 kursi.

Data menunjukkan bahwa dari 714.652 pendaftar SBMPTN 2019 hanya 168.742 peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia. Jumlah peserta yang lulus seleksi ini sama dengan 23.61 persen dari keseluruhan pendaftar SBMPTN 2019.

Dari 85 PTN tersebut, Kemenristekdikti beserta LTMPT mengumumkan 10 PTN yang paling banyak diminati oleh peserta SBMPTN 2019. Berikut daftarnya:

1. Universitas Brawijaya

UB, singkatan dari Universitas Brawijaya, menempati urutan pertama sebagai PTN dengan peminat terbanyak dalam SBMPTN 2019 dengan total 55.871 peserta. Universitas Brawijaya merupakan Universitas yang berlokasi di Malang, Jawa Timur dan juga merupakan Universitas terbaik di Indonesia. Universitas ini menempati posisi ke-8 dalam daftar 10 Universitas terbaik di Indonesia menurut Kemenristekdikti.

2. Universitas Sebelas Maret

Universitas yang biasanya disingkat dengan UNS ini menempati posisi kedua sebagai salah satu PTN dengan peminat terbanyak dengan total pendaftar sebanyak 48.735 peserta. PTN ini berlokasi di Solo, Jawa Tengah. Universitas ini menyediakan berbagai paket pendidikan mulai dari diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

3. Universitas Diponegoro

UNDIP, singkatan dari Universitas Diponegoro, menempati posisi ketiga dalam daftar ini dengan total pendaftar sebanyak 48.440 peserta. Universitas Diponegoro juga merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia menurut Kemenristekdikti dengan menempati posisi keenam. UNDIP sendiri didirikan pada 9 Januari 1957 dan bertempat di Semarang, Jawa Tengah.

4. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia atau biasa disingkat UPI menduduki posisi keempat dalam daftar ini dengan total peminat dalam SBMPTN 2019 sebanyak 48.231 peserta. PTN ini terletak di Kota Bandung, Jawa Barat.
UPI adalah perguruan tinggi yang menganut sistem multikampus yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten.

5. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang atau biasa disingkat UNNES menempati posisi kelima sebagai PTN dengan peminat terbanyak dengan jumlah total 44.937 peserta. UNNES merupakan PTN yang memiliki kampus utama di daerah Sekaran, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kampus lainnya terletak di Ngaliyan (Semarang), Kelud (Semarang), Bendan Ngisor (Semarang) dan di Kemandungan, Tegal.

6. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran atau disingkat sebagai UNPAD berada di posisi keenam sebagai salah satu PTN yang paling diminati dengan total pendaftar sebanyak 41.970 peserta. UNPAD berlokasi di Bandung, Jawa Barat. UNPAD sendiri merupakan Universitas yang mendapat peringkat A (sangat baik) berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang ditetapkan pada 16 Januari 2014.

7. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin atau disingkat UNHAS berada di posisi ketujuh dengan total pendaftar SBMPTN sebanyak 41.846 peserta. UNHAS merupakan Universitas yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan telah berdiri sejak 10 September 1956. Universitas Hasanuddin sendiri merupakan Universitas berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

8. Universitas Jember

Universitas Jember juga merupakan salah satu PTN dengan banyak sekali peminat dalam SBMPTN 2019 dengan totasl pendaftar sebanyak 40.173 peserta. Seperti namanya, Universitas Jember atau disingkat UNEJ merupakan universitas yang terletak di Jember, Jawa Timur. Universitas ini sendiri didirikan pada 10 November 1957.

9. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta atau disingkat UNY merupakan PTN yang menjadi favorit para pendaftar SBMPTN 2019 dengan jumlah total pendaftar sebanyak 38.007 peserta. Seperti namanya, Universitas ini terletak di Yogyakarta dan berdiri sejak 21 Mei 1964. Sebelumnya, Universitas Negeri Yogyakarta bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta).

10. Universitas Sumatera Utara

USU, singkatan dari Universitas Sumatera Utara, menempati posisi terkahir dalam daftar 10 PTN yang paling banyak diminati dalam SBMPTN 2019 dengan total pendaftar sebanyak 36.585 peserta. Universitas Sumatera Utara terletak di Kota Medan, Sumatera Utara. USU sendiri merupakan Universitas terbaik di pulau Sumatera dan merupakan universitas negeri ketujuh di Indonesia yang diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF