google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

4 Tanda MSG Meracuni Tubuh Anda

MSG, atau monosodium glutamate, telah digunakan sebagai aditif penambah rasa makanan, paling umum dikaitkan dengan makanan Cina, tetapi bisa juga merupakan sesuatu


0

iStock-478579194_ratio-16x9.jpg

Foto: Tirto.id

HIPSTERMALANGTODAY MSG, atau monosodium glutamate, telah digunakan sebagai aditif penambah rasa makanan, paling umum dikaitkan dengan makanan Cina, tetapi bisa juga merupakan sesuatu yang meracuni tubuh Anda.

Anda mungkin menemukan bahwa Anda mengalami gejala tidak nyaman tertentu setelah makan MSG. Ini adalah 4 tanda bahwa MSG mungkin meracuni tubuh Anda menurut Powerofpositivity.com:

1. Masalah Kesehatan Seksual

Evaluasi keamanan MSG yang dilakukan oleh Komite Ahli Gabungan FAO / WHO untuk Aditif Makanan (JECFA) menemukan bahwa MSG menyebabkan lesi sistem saraf pusat pada dosis tinggi pada hewan.

Komite meninjau 59 penelitian hewan pada tikus, hamster, marmut, anak ayam, bebek, kelinci, anjing dan primata dan menemukan kerusakan pada hipotalamus dan bahwa “lesi saraf dapat diamati dalam beberapa jam setelah pemberian.”

Hipotalamus ada di otak dan membantu mengatur kadar hormon kita yang disekresikan oleh kelenjar hipofisis. Fungsi kelenjar pituitari yang berkurang dapat menyebabkan berkurangnya kadar testosteron yang menyebabkan disfungsi ereksi, berkurangnya massa otot, dan rambut rontok pada pria. Bagi wanita, disfungsi hipofisis menyebabkan penurunan estrogen, yang terkait dengan penurunan libido, hot flashes, dan perubahan suasana hati.

2. Masalah Hati dan Usus

Studi JECFA juga mengalokasikan ‘asupan harian yang dapat diterima (ADI) yang tidak ditentukan’ untuk asam glutamat dan garamnya. Tidak ada jumlah harian yang ditentukan direkomendasikan oleh komite sehingga produsen makanan dapat menambahkan sebanyak yang mereka inginkan.

Meskipun JECFA mengatakan mereka gagal mengkonfirmasi hubungan antara MSG dan gejala fisik bagi manusia, mereka mengatakan bahwa MSG dosis tinggi mengakibatkan peningkatan metabolit enzim hati dan usus dalam aliran darah.

Enzim hati yang meningkat dapat menyebabkan gejala mual, kelelahan, mual, nyeri di bagian kanan atas perut, dan kebingungan mental. Gatal, pembuluh darah yang tidak biasa pada permukaan kulit, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan, atau buang air besar yang berwarna terang mungkin merupakan tanda peningkatan enzim usus.

3. Masalah Mental

MSG mungkin meracuni bukan hanya tubuh Anda, tetapi juga otak Anda. MSG secara negatif mempengaruhi reseptor glutamat dalam tubuh Anda. Sebuah kutipan dari FDA yang diambil dari situs web Dr. Merola mengatakan “Fungsi abnormal reseptor glutamat telah dikaitkan dengan penyakit neurologis tertentu, seperti penyakit Alzheimer dan koreografi Huntington.”

Keduanya adalah penyakit neurodegeneratif yang membutuhkan waktu untuk berkembang. Sangat mungkin bahwa efek keracunan MSG bersifat kumulatif dan membutuhkan waktu untuk merusak cukup sel untuk memperhatikan bahwa fokus mental Anda tidak setajam dulu.

4. Nyeri pada Hati dan Jantung

Jangan menunda mencari bantuan medis jika Anda mengalami nyeri dada, terlepas dari apakah Anda yakin telah mengonsumsi MSG atau tidak. Nyeri dada, tekanan atau irama jantung yang tidak normal adalah gejala medis yang serius. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini yang memengaruhi bagian vital kesehatan Anda, silakan segera berkonsultasi dengan profesional medis.

Tekanan atau nyeri dada bisa menjadi tanda serangan jantung, dan gejala ini telah dikaitkan dengan keracunan MSG. Hati yang ‘berdebar-debar’ mungkin juga dialami karena mengonsumsi MSG.

Setelah makan besar, biasanya Anda merasakan tekanan di dada karena perut Anda yang penuh sehingga menyebabkan tekanan ke luar pada organ-organ Anda. Jika makanan itu adalah makanan mencurigakan yang mungkin mengandung MSG, nyeri dada bisa disebabkan oleh efek keracunan MSG.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF