google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

4Ocean, Perusahaan yang Bekerja untuk Mewujudkan Laut Bebas Sampah


0

Sampah merupakan permasalahan rumit yang ada di setiap negara. Akhir-akhir ini juga banyak terdapat pemberitaan mengenai impor sampah dari negara barat yang masuk ke beberapa negara Asia Tenggara. Ketidakmampuan dalam meminimalisir penggunaan plastik dan pengolahan sampah yang kurang baik membuat sampah menggunung. Sampah-sampah ini akhirnya mencemari lingkungan kita termasuk juga lautan.

Lebih dari 8 juta ton sampah plastik mencemari lautan dalam kurun waktu 1 tahun. Tentunya angka ini adalah angka yang sangat besar. Banyak biota laut yang terancam punah akibat pencemaran sampah plastik di lautan ini. Masalah lingkungan lain tentunya juga muncul akibat permasalahan sampah plastik yang mencemari lautan.

4Ocean adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang lingkungan yang berfokus pada kebersihan laut. 4Ocean merupakan sebuah pergerakan yang menginginkan laut bebas dari sampah plastik. Perusahaan ini adalah perusahaan yang bergerak secara internasional dan berpusat di Florida, AS.

4ocean
Alex Schulze dan Andrew Cooper

Latar Belakang Pendirian 4Ocean

Semua ini berawal dari cerita Alex dan Andrew yang merupakan peselancar dari Florida serta co-founder dari 4Ocean ketika mereka berkunjung ke Bali untuk berselancar. Mereka sangat prihatin atas kondisi laut yang penuh dengan sampah plastik dan heran akan orang-orang sekitar yang tidak melakukan apapun untuk mengatasi problema ini. Suatu siang mereka melewati kampung nelayan tua dimana mereka melihat para nelayan mendorong perahu mereka melewati tumpukan plastik yang hanyut di pantai.

Kedua peselancar ini akhirnya menyadari bahwa proliferasi plastik mengancam kehidupan laut dan juga mata pencaharian para nelayan. Muncul dalam pikiran mereka, mungkinkah para nelayan menggunakan jala mereka untuk menarik plastik dari laut? Mereka akhirnya sadar bahwa nelayan lebih berfokus untuk mencari ikan daripada plastik atas dasar permintaan pasar, ini pun membuat mereka terdorong untuk melakukan menciptakan sesuatu yang dapat mendanai upaya pembersihan laut yang mereka inginkan. Dari sinilah gelang 4Ocean tercipta.

Berselang 1 tahun setelah kunjungan mereka ke Bali, Indonesia mereka mendirikan perusahaan ini. Lebih dari 2.2 juta ton sampah plastik telah disapu bersih dari lautan dan pesisir pantai oleh para pekerja 4Ocean sejak 2017. Dalam melakukan gerakan ini, 4Ocean didanai dari hasil penjualan produk mereka yaitu gelang 4Ocean.

Hasil dana dari penjualan gelang 4Ocean digunakan untuk mendanai gerakan pembersihan laut dari sampah plastik

Dengan membeli satu gelang 4Ocean, kalian akan mengangkat 1 pound (sekitar setengah kilogram) sampah plastik dari lautan. Gelang ini terdiri atas tali dan manik-manik yang terbuat dari kaca dan plastik air minum yang telah didaur ulang. Dengan kalian membeli gelang ini juga kalian telah menjadi bagian dari pergerakan laut bebas sampah. Selain itu, masih ada produk gelag lain dari 4Ocean yang dibuat untuk mengkampanyekan gerakan laut bebas plastik dan juga perlindungan biota laut. Kalian dapat melakukan pembelian melalui laman resmi mereka yaitu di 4ocean.com.

4Ocean memiliki empat pilar penting. Empat pilar tersebut adalah :

1. Optimizing Technology

4Ocean menggunakan teknologi terbaru untuk mencegah dan menyapu bersih sampah dari laut dan garis pantai

2.Creating Jobs

Sejak didirikan pada ahun 2017, 4Ocean telah membuka kesempatan kerja. Mereka memiliki katen dan kru yang bekerja secara full-time untuk membersihkan laut dan lingkungan pantai dari sampah selam 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, terus menerus tanpa henti.

3. Education & Awareness

4Ocean juga berusa mendidik individu, perusahaan dan pemerintah tentang dampak plastik terhadap laut. 4Ocean menyelenggarakan pembersihan di seluruh dunia, baik di atas dan dibawah air, untuk meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku.

4. New Global Economics

Dengan memberi nilai pada plastik, 4Ocean menciptakan ekonomi baru untuk menghilangkan sampah dari lautan.

Selain Andrew dan Alex sebagai co-founder dari perusahaan ini, mereka dibantu oleh tiga orang lainnya untuk membantu melaksanakan misi mereka ini. Andi Fairuz adalah Direktur Operasi dari 4Ocean Bali, Gina Bowling adalah Kapten Perahu dari 4Ocean AS, dan Edouard Carrie adalah Direktur Operasi dari Ocean Haiti.

Kantor 4Ocean sendiri berjumlah 4 dan berada di 4 lokasi yaitu Boca Raton di Florida sebagai kantor pusat 4Ocean Global dan Cleanup Operation, Deerfield Beach di Florida sebagai kantor pusat pemenuhan, dan Kantor 4Ocean di Bali.

4Ocean yang berdiri 2 tahun lalu ini juga berhasil mempekerjakan lebih dari 300 orang dan 192 orang diantaranya bekerja untuk membersihkan lautan dari sampah plastik selama 7 hari dalam seminggu tanpa henti.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF