google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Amandel Membengkak? Konsumsi 4 Jenis Makanan di Bawah Ini untuk Meredakannya

Saat keadaan sakit dan ingin agar cepat sehat anda diharuskan untuk makan dan minum yang cukup


0

HIPSTERMALANGTODAY- Saat keadaan sakit dan ingin agar cepat sehat anda diharuskan untuk makan dan minum yang cukup. Namun radang amandel justru membuat kalian sulit makan dan minum. Jadi jangan sampai kalian mengalami kesulitan menelan yang membuat kalian tidak makan atau minum sama sekali ya. Ayo pilih makanan dan minuman yang tepat agar cepat pulih walaupun amandel kalian sedang membengkak.

Anjuran makanan saat amandel bengkak

Bagi penderita amandel memang disarankan untuk mengonsumsia asupan padat nutrisi yang mudah untuk ditelan agar dapat meredakan infeksi dan mempercepat penyembuhan. Berikut adalah berbagai jenis makanan dan minuman yang baik untuk penderita amandel.

1. Sumber cairan

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama amandel membengkak memang sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Karena dehidrasi dapat memperlambat proses penyembuhan bahkan bisa memperparah rasa nyeri pada amandel yang membengkak.

Sumber cairan yang bisa kalian konsumsi bisa berupa air putih, sari buah, kuah makanan, atau teh hangat. saat meminumnya pastikah suhu nya hangat atau dingin untuk mencegah nyeri lebih parah pada amandel. Untuk meredakan nyeri pada amandel kalian juga bisa berkumur dengan air garam.

2. Makanan bertekstur lembut

Jika kalian sedang mengalami amandel yang membengkak makanan yang seharusnya anda konsumsi adalah makanan yang bertekstur lembut dan mempermudah proses menelan. Kalian tak perlu khawatir inigin makanan apa. Kalian juga bisa mengkreasikan olahan makanan kentang tumbuk, yogurt, puding, nasi tim, smoothie, hingga telur orak – arik. Kalian juga bisa tetap mengkonsumsi sayuran seperti wortel dan kubis dengan cara memasaknya hingga bertekstur lunak agar mudah dikonsumsi.

3. Makanan dan minuman dingin

Walaupun efek yang diberikan hanya sementara. makanan dan minuman dingin dapat membantu dalam meredakan nyeri dan pembengkakan pada radang amandel. Sesekali kalian boleh mengkonsumsi es batu atau es krim, minuman dingin, atau sekedar air putih yang dingin.

4. Teh dan madu

Mengkombinasikan teh hangat dan madu bisa menjadi senjata yang sangat ampuh untuk melawan penyakit amandel. ini karena jenis teh tertentu seperti teh jahe mempunyai kandungan antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan pada amandel. Tak kalah bermanfaatnya madu juga mengandung antibakteri dan berfungsi melawan infeksi pada area amandel. (KHP)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
krisdahp

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF