google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Apakah yang Terjadi Ketika Kita Membunyikan Jari Tangan? Apakah Berbahaya?


0

Ketika kita merasa pegal, kita sering mencoba untuk membunyikan jari tangan atau sendi-sendi lain di tubuh kita seperti leher dan punggung. Dengan melakukan ini banyak dari kita yang merasa lega atau memuaskan.

Apa yang terjadi ketika kita membunyikan jari-jari kita? Dan apakah dengan melakukan ini terus menerus memiliki efek buruk?

Di antara sendi-sendi kita terdapat cairan yang bernama cairan Synovial yang bertugas sebagai pelumas antar sendi. Ketika kita meregangkan sendi-sendi kita, gas keluar dan gas tersebut membentuk gelembung. Gelembung-gelembung tersebut akan berkumpul dan pada akhirnya pecah yang akhirnya menghasilkan suara “krek” ketika kita membunyikan jari kita.

Untuk dapat membunyikan jari kita lagi, diperlukan waktu selama 20-25 menit agar gas tersebut kembali ke cairan Synovial. Suara ‘krek’ yang dihasilkan dari sendi-sendi ini bisa jadi gas yang membentuk gelembung kemudian pecah atau bisa juga terjadi ketika tendon meluncur diantara otot atau tulang. Ketika sendi bergerak, tendon bergerak dengan cepat dan akhirnya membentuk suara ‘krek’.

Lalu apakah kebiasaan membunyikan jari ini aman?

Donald Unger adalah peneliti yang mencoba membuktikan apakah membunyikan jari memiliki efek negatif seperti arthritis. Ia melakukan eksperimen selama  60 tahun dimana ia membunyikan jari di satu tangannya dan tidak membunyikan jarinya di tangan yang lain. Hasil penelitiannya membuktikan bahwa ia tidak mengalami arthritis.

Banyak para ilmuan yang setuju dengan hasil penelitian Unger. Namun masih ada kemungkinan efek buruk dari membunyikan tangan.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Jorge Castellanos dan David Axelrod pada tahun 1990 menyebutkan bahwa membunyikan jari dalam jangka waktu yang lama akan berujung pada pembengkakan tangan dan penurunan kekuatan dalam menggenggam. Namun belum ada riset lebih lanjut dari penelitian ini.

Melansir hellosehat.com, Dalam penelitian lainnya tentang cedera yang timbul akibat membunyikan sendi, seperti dijelaskan dalam American Journal of Orthopaedics, manipulasi dan paksaan untuk mendengar suara retak pada jari bisa berujung pada cedera akut.

Jadi meskipun membunyikan tangan sebenarnya sebenarnya tidak memiliki efek buruk yang parah, akan lebih baik jika kita mengurangi kebiasaan ini.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF