google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Bahaya yang Mengintai Dibalik Nikmatnya Kol Goreng


0

Bagi kalian yang suka lalapan atau penyetan, sayur pelengkap yang satu ini pasti tidak asing. Kol adalah salah satu sayuran pelengkap dari makanan ini. Ada yang suka kol yang masih segar dan juga ada yang suka digoreng.

Kol sendiri merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi yang sangat menyehatkan. Kol mengandung anti kanker bernama sulfophane dan apigenin yang dapat menurunkan risiko terkena kanker, khususnya kanker payudara. Bukan hanya itu, didalam kol juga terdapat vitamin A, vitamin B, vitamin D, dan vitamin Ka. Kol juga sangat baik bagi kesehatan jantung dan sistem imun kita.

Namun tahukah kalian, mengkonsumsi kol goreng dapat membahayakan kesehatan? Pengolahan atau cara memasak yang salah dapat menyebabkan makanan pendamping ini menjadi pemicu penyakit berbahaya yang dapat mengancam kesehatan kalian.

Kol yang digoreng dengan minyak panas akan merusak berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Vitamin yang terkandung di dalam kol akan rusak bahkan nutrisi yang seharusnya menyehatkan kita akan berubah menjadi racun atau radikal bebas setelah proses penggorengan. Penggorengan dengan waktu lama akan membentuk senyawa amino heterosiklik yang dapat memicu datangnya kanker.

Selain itu, kol goreng memiliki kandungan lemak jenuh dan juga kolesterol karena kol menyerap kandungan tidak sehat. Mengonsumsi kol goreng dengan frekuensi sering dan dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan risiko kenaikan berat badan, serangan jantung, dan masalah pembuluh darah.

Langkah-Langkah untuk Membuat Kol Goreng yang Sehat

Namun demikian, jika kalian tetap ingin mengkonsumsi kol goreng, beberapa langkah ini dapat kalian lakukan untuk membuat kol goreng yang sehat.

  1. Gunakan metode goreng tanpa lemak, seperti air frying atau membakar kemudian memanggang.
  2. Hampir sama dengan cara diatas, kalian juga dapat menggunakan metode goreng yang rendah lemak. Gunakan minyak lebih sedikit dengan cara menumis kol.
  3. Jangan gunakan minyak yang sebelumnya telah digunakan untuk menggoreng. Pastikan untuk menggunakan minyak baru untuk menggoreng kol.
  4. Jangan menggoreng kol terlalu lama. Menggoreng kol terlalu lama akan menghilangkan kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung pada kol.
  5. Jangan mengkonsumsi kol goreng dengan menu makanan lain yang digoreng.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
1
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF