google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Cari Tahu Seluk Beluk Parfum di Grasse, Perancis: Kota yang Menjadi Pusat Parfum Dunia


0

Grasse bisa dikatakan sebagai salah satu kota terharum di dunia. Kenapa demikian? Grasse yang terletak di Perancis ini merupakan kota yang sangat terkenal akan industri parfumnya.

Kota yang banyak dikelilingi perbukitan ini mulai terkenal sebagai pusat industri parfum di Perancis setelah mulai memproduksi sarung tangan wangi pada abad ke-16 dan juga pertanian bunga yang hasil taninya digunakan sebagai bahan dasar parfum.

Grasse memiliki reputasi yang sudah mendunia sebagai industri parfum dan juga sebagai rumah dari puluhan perusahaan parfum di berbagai belahan dunia. Perlu diketahui bahwa bunga yang digunakan untuk membuat Chanel N°5 yang sangat terkenal itu ditanam dan dipanen dari lahan pertanian bunga di Grasse.

Pelajari Seluk-Beluk Parfum lewat Tur di Pabrik Parfum di Grasse

Terdapat tiga pabrik parfum terkenal di kota ini yang juga menawarkan tur dan demonstrasi akan proses pembuatan parfum yang banyak menarik para wisatawan baik lokal maupun luar negeri. Ketiga pabrik parfum yang menawarkan tur ini adalah Galimard, Fragonard dan juga Molinar. Dari ketiganya, Fragonard Perfumery merupakan pabrik parfum yang paling populer.

Tur ke pabrik parfum ini meliputi penjelasan akan sejarah pembuatan parfum, penjelasan akan sejarah teknik pembuatan parfum dan juga teknik yang digunakan pada saat ini untuk membuat parfum (disertai demonstrasi pembuatan parfum), dan yang terakhir adalah kunjungan ke gift shop dimana Anda dapat membeli produk pengharum.

Yang sangat menarik dari tur ini adalah Anda berkesempatan untuk dapat membuat parfum racikan Anda sendiri. Di ketiga pabrik tersebut disediakan workshop dimana Anda dapat membuat parfum sesuai keinginan Anda. Di Fragonard sebagai contohnya, Anda dapat membuat parfum 100ml dari 9 essence dalam workshop yang berdurasi 1.5 jam dengan harga € 69 (Rp 1 Juta) dan juga tur yang disediakan oleh pabrik ini yang berdurasi selama 1 jam.

Destinasi Wisata Lain yang Patut Dikunjungi

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam akan sejarah dari pembuatan parfum, Anda dapat mengunjungi Museé International de la Parfumerie (Museum Parfum Internasional) dimana disini dipamerkan sejarah parfum selama lebih dari 3.000 tahun. Untuk masuk ke museum ini tidak dikenakan biaya sepeserpun, namun jika Anda tertarik untuk mengunjungi taman bunga yang juga merupakan bagian dari museum ini, akan ada biaya tambahan.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Grasse adalah pada musim semi atau musim panas. Pada musim ini Anda dapat menjelajahi salah satu kebun bunga terdekat yang menjadi bahan dasar parfum. Dalam kebun bunga ini Anda akan mendapati bunga melati, mawar, violet, mimosa, lavender dan berbagai macam bunga lainnya yang membuat Grasse menjadi kota parfum dunia.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF