google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Cuaca Ekstrem Landa Gunung Gede Pangrango, Akses Pendakian Akan Ditutup Pada Bulan Agustus


0

Setelah kemarin ada kabar mengenai fenomena embun salju di dataran tinggi Dieng, kini fenomena yang sama terjadi di Gunung Gede Pangrango.

Cuaca ekstrem melanda Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Pada ketinggian lebih dari 2.700 meter di Gunung Gede Pangrango, embun berubah menjadi kristal es. Cuaca ekstrem ini sudah terjadi selama seminggu terakhir. Para pendaki mendapati bahwa embun salju ini telah menutupi kawasan puncak gunung dan khususnya di Alun-alun Surya Kencana.

Melansir sukabumiupdate.com (28/06/2019), Firman yang merupakan salah satu volunteer gunung Gede Pangrango menuturkan “Saya dapat kabar dari rekan pendaki dan rekan rekan di wilayah jalur Gunung Putri Bogor bahwa cuaca di Alun-alun Surya Kencana sudah mencapai titik beku,”

Firman juga menjelaskan bahwa suhu udara mencapai dibawah nol derajat yang menyebabkan pembentukan embun yang mengkristal. “Prediksinya suhu di kawasan puncak dan Alun-alun Surya Kencana bisa dibawah nol derajat, makanya banyak ditemukan bunga es.” 

“Bunga es ini banyak ditemukan di dua kawasan tersebut. Cuaca dengan suhu ekstrim ini biasanya berlangsung dari tengah malam, sekitar pukul 02.00 WIB hingga pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB,” sambung Firman.

Berkaitan dengan hal ini, pendakian ke Gunung Gede Pangrango juga akan ditutup selama bulan Agustus. Para petugas juga sudah menghimbau para pendaki untuk berhati-hati dan memperhatikan cuaca ekstrem yang sedang terjadi di lokasi.

Melansir tribunnews.com, Humas Taman Nasional Gunung Gede, Ade Bagja, menuturkan “Yang jelas kami akan menutup akses pendakian pada puncak musim kemarau bulan Agustus nanti”

Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi puncak musim kemarau dan cuaca ekstrem. Selain itupenutupan juga dilakukan untuk pemeli haraan dan pelestarian ekosistem yang biasanya tumbuh dan berkembang biak pada bulan Agustus

Penutupan ini rencananya akan dilakukan selam satu bulan penuh.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF