google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Desa Bengkala di Bali Gunakan Bahasa Isyarat untuk Berkomunikasi


0

Ada yang unik dari Desa Bengkala, Buleleng, Bali. Desa Bengkala dijuluki sebagai Desa Bisu karena dari 3003 penduduk yang tinggal di desa ini, 44 orang adalah penderita tunarungu. Kondisi ini dikaitkan oleh gen resesif yang telah diturunkan sampai ke generasi ketujuh yang membuat banyak warga di Desa ini menjadi penderita tunarungu. 

Karena populasi penderita tunarungu yang banyak, masyarakat desa Bengkala menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Namun bahasa isyarat yang digunakan di desa ini berbeda dengan bahasa isyarat indonesia atau biasa disebut BISINDO. 

Masyarakat Desa Bengkala menciptakan bahsa isyarat mereka sendiri yang disebut dengan Kata Kolok. Bahasa isyarat ini hanya bisa dipahami oleh masyarakat Desa Bengkala saja karena memang bahasa ini diciptakan oleh mereka. 

Dilansir dari Great Big Story, I Made Arpana selaku Kepala Desa Bengkala menuturkan “Sebanyak 80% orang sini mengerti Kata Kolok”

Masyarakat Desa Bengkala yang bukan penderita tunarungu juga telah terbiasa dengan tetangga mereka yang merupakan penderita tunarungu dan berkomunikasi dengan Kata Kolok juga sudah bukan hal yang lazim di desa ini meskipun mereka dapat berbicara dengan normal. Kepala desa, petani, dan guru yang berada di Desa Bengkala semua berbicara dengan Kata Kolok. 

Di Desa ini, Kata Kolok diajarkan di bangku SD mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 SD. Ketut Sutrisna yang merupakan salah satu guru SD di Desa Vengkala mengatakan “Siswa tunarungu dan siswa yang bukan tunarungu diperlakukan sama”

I Made Arpana juga menambahkan “Kata Kolok adalah sesuatu yang menjadi milik seluruh komunitas di desa ini” 

Bukankah sesuatu yang indah melihat perbedaan bersatu dan hidup dengan rukun? Di Desa ini tidak dirasakan adanya perbedaan antara yang bisa mendengar dengan yang tidak. Para warga bersedia untuk belajar Kata Kolok agar kerukunan tetap terjaga dan diskrimanisi pun tidak muncul.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF