google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Desa Gintangan, Banyuwangi Promosikan Bambu Lewat Festival Kostum Tahunan


0

Ide unik muncul dari para warga Desa Gintangan, Banyuwangi untuk mempromosikan bambunya. Festival Bambu Gintangan adalah festival kostum yang terbuat dari bambu yang digelar tiap tahun di desa Gintangan, Banyuwangi.

Desa Gintangan merupakan desa yang memang sudah terkenal sebagai desa pengerajin bambu. Produk kerajinan bambu ini pun sudah mencapai pasar internasional. Maldive merupakan salah satu dari banyak negara yang menjadi pelanggan dari kerajinan bambu Desa Gintangan, Banyuwangi.

Dalam upaya untuk memperkenalkan serta mempromosikan kerajinan mereka, para warga desa ini pun mengadakan sebuah festival kostum dimana kostum dan properti yang dipakai oleh model terbuat dari bambu. Festival ini pun sudah memasuki tahun ketiganya.

Festival Bambu Gintangan ini menampilkan berbagai macam kostum yang terbuat dari bahan dasar bambu yang telah dihias secara unik dan menarik. Event tahunan kali ini digelar pada Sabtu (15/06/2019) dan diikuti oleh 42 model yang berasal dari berbagai daerah di Banyuwangi. Tema yang diusung dalam festival ini pun sangat beragam, mulai dari tema etnik hingga futuristik

Festival Bambu Gintangan 2019
Festival Bambu Gintangan 2019

Antusiasme Anak Muda

Dilansir dari republika.co.id, Dian Effendi selaku Ketua Panitia Festival Bambu Gintangan menyebutkan bahwa anak muda dari luar Desa Gintangan sangat tertarik mengikuti event tersebut. Mereka tertarik dengan keunikan kostum bambu sebagai material utama.

Dian juga menerangkan bahwa sebagian peserta membutuhkan waktu satu hingga dua hari atau lebih dalam mendesain kostum dan mempersiapkan bahan baku yang terbuat dari bambu.

Untuk mengikuti festival ini biaya yang dibutuhkan relatif murah. Dian memastikan bahwa peserta menghabiskan Rp.500.000 hingga RP.2.000.000 dalam pembuatan kostum dan biaya tambahan lainnya. Biaya ini relatif murah dibandingkan dengan festival kostum lainnya.  

Festival sebagai Bentuk Promosi

Dilansir dari brilio.net, MY Beramuda selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi menuturkan “Ini salah satu cara mempromosikan bambu Gintangan asal Banyuwangi. Kami ingin agar orang tahu bahwa Banyuwangi memiliki bambu Gintangan dengan kualitas ekspor,”

Festival Bambu Gintangan 2019
Model pada Festival Bambu Gintangan berjalan pada aera sawah yang diubah menjadi catwalk

Pada festival ini, model berjalan diatas sawah yang disulap menjadi layaknya catwalk. Sungguh pemandangan yang unik dan berbeda dari festival kostum pada umumnya, bukan?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF