google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Desain Infrastruktur Ibu Kota Baru Telah Diterima Jokowi, Ini Dia Bocorannya!


0

Desain infrastruktur dari Ibu Kota baru yang akan dibangun di Kalimantan telah diterima oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Desain infrastruktur yang dirancang oleh Kementerian PUPR ini juga telah diperlihatkan ke Presiden Jokowi. Melansir Detik, Bambang Brodjonegoro selaku Menteri PPN/Kepala Bappenas menyatakan “Sudah (disampaikan ke Jokowi)” pada acara Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue di Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8/2019).

Berikut adalah beberapa bocoran dari desain infratruktur tersebut:

1. Ibu Kota Baru Akan Berkonsep Forest City

Seperti yang kita ketahui bahwa Kalimantan merupakan salah satu pulau yang memiliki kawasan hutan terluas di Indonesia. Pemerintah akan mempertahankan hal ini dalam pembangunan ibu kota baru. Hal ini juga tertuang dalam dokumen gagasan rencana dan kriteria desain ibu kota baru dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Nantinya, di ibu kota baru akan terdapat ruang terbuka hijau (RTH) yang mencakup minimal 50% dari luas ibu kota. Akan dibangun taman rekreasi, ruang hijau, kebun raya, komplek atau sarana olahraga dalam RTH tersebut. fasilitas yang dibangun tersebut terintergrasi dengan alam supaya nantinya RTH ini layaknya di kawasan berbukit yang meliputi daerah aliran sungai (DAS).

2. Akan Dibangun Kota yang Berorientasi Pada Transportasi Publik

Teknologi energi baru juga akan menjadi komponen dari ibu kota yang mengusung konsep Forest City ini. pembangunan kota juga akan berorientasi pada transportasi publik yang akan menggunakan rel seperti MRT.

Selain itu pemerintah juga berencana untuk membuat non motorized mode atau sepeda dan pedestrian yang terintegrasi. Non motorized mode maksudnya adalah dalam ibu kota baru akan diperbanyak ruang terbuka publik sehingga aksesibilitas masyarakat lebih besar. Pemerintah mengharapkan bahwa dengan adanya ruang terbuka publik dapat mendorong kreativitas dan produktivitas masyarakat.

3. Pembangunan Monumen Pancasila dan MRT

Sebagai ibu kota baru, rasanya diperlukan sebuah monumen yang akan menjadi ciri khas negara. Oleh karena itu, pemerintah berencana untuk membangun Monumen Pancasila. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan diatas, pemerintah juga akan menggerakkan transportasi publik berbasis rel yang terintegrasi seperti MRT.

Monumen Pancasila sendiri rencananya akan dibangun di tengah lapangan ibu kota. Monumen Pancasila dipilih karena merupakan simbol identitas negara. Dengan adanya monumen ini diharapkan dapat menghimpun keberanekaragaman masyarakat Indonesia yang sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika dan mempererat NKRI.

Untuk transportasi publik, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan menyatakan “Masa depannya sama, mesti MRT karena angkutan massal satu pilihan yang menjadi keniscayaan. Apabila itu jadi suatu kota besar. Planning-nya pasti ada MRT, dan itu bertahap,” seperti yang dilansir dari Detik, Jumat (16/8/2019).

Disebutkan bahwa desain infrastruktur ini merupakan desain yang dibuat sebagai gambaran awal. Bambang selaku Kepala Bappenas mengutarakan bahwa Detail Engineering Design (DED) ibu kota baru diselesaikan pada 2020 dan siap konstruksi pada 2021.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF