google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Inilah Penjelaan Medis tentang Sleep Paralysis atau ‘Ketindihan’ dan Cara Menanganinya


0

Pernahkah kalian terbangun dari tidur namun tidak dapat menggerakkan badan ataupun tidak dapat berbicara? Orang-orang jawa banyak menyebut hal ini sebagai ‘ketindihan’ dan mengaitkan kejadian ini berkaitan dengan hal-hal gaib.

Ketindihan dalam istilah medis disebut dengan sleep paralysis. Apakah sleep paralysis itu?

Melansir hellosehat.com, sleep paralysis adalah salah satu jenis parasomnia, yaitu sekumpulan gangguan tidur yang menyebabkan suatu kejadian atau pengalaman yang tidak diinginkan yang terjadi saat kita baru tertidur, sudah terlelap, atau saat terbangun dari tidur. Peristiwa ini biasanya ditandai dengan ketidakmampuan untuk berbicara atau bergerak saat terbangun dari tidur atau ketika akan tidur. Perlu diketahui bahwa hal ini umum terjadi dan tidak terkait penyakit kejiwaan tertentu.

Kejadian ini biasanya terjadi dalam hitungan detik ataupun menit. Fenomena ini juga dapat terjadi pada siapa saja terlepas dari usia dan jenis kelamin. Pada saat mengalami sleep paralysis, seseorang biasanya akan kesulitan bernafas bahkan ada orang yang merasakan ada sosok lain bersama mereka.

Secara medis, sleep paralysis terbagi menjadi dua yaitu:

Hypnagogic sleep paralysis.

Kelumpuhan atau paralysis jenis ini terjadi sebelum seseorang tertidur sepenuhnya. Umumnya ketika menjelang tidur, tubuh akan terasa makin rileks dan perlahan-lahan kehilangan kesadaran. Bagi seseorang yang mengalami hypnagogic sleep paralysis, dirinya tetap tersadar, tapi dia tidak dapat berbicara atau menggerakkan tubuh.

Hypnopompic sleep paralysis.

Kelumpuhan semacam ini berlangsung ketika seseorang tersadar pada akhir masa tidur. Umumnya, masa tidur terbagi menjadi dua, yaitu NREM (non-rapid eye movement) dan REM (rapid eye movement). Porsi NREM adalah sekitar 75 persen dari masa tidur, sementara sisanya menjadi masa tidur REM. Ketika seseorang tersadar sebelum masa REM berakhir, maka pada saat itulah bisa terjadi hypnopompic sleep paralysis.

Lalu apakah yang menjadi penyebab sleep paralysis?

Melansir hellosehat.com, sleep paralysis sebenarnya terjadi saat mekanisme otak dan tubuh menjadi tumpang tindih, tidak berjalan selaras saat tidur sehingga menyebabkan kita tersentak bangun di tengah siklus REM. Saat Anda terbangun sebelum siklus REM usai, otak belum siap untuk mengirimkan sinyal bangun sehingga tubuh masih dikondisikan dalam setengah tidur setengah sadar. Maka dari itu, Anda akan merasakan tubuh kaku, sulit bernapas, tidak bisa berbicara, dan masih dalam pikiran yang mengawang saat ‘ketindihan’.

Terdapat faktor lain yang dapat meningkatkan kemungkinan orang mengalami sleep paralysis. Beberapa faktor tersebut adalah pola tidur yang tidak teratur, faktor usia dimana mereka yang remaja hingga usia 20-an lebih berisiko mengalami sleep paralysis, faktor keturunan, stres berat, bipolar, posisi tidur terlentang, dan juga efek dari penyalahgunaan obat-obatan.

Cara Penanganan

Jika kalian mengalami ketindihan atau sleep paralysis, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan. Jika sudah merasa badan tidak dapat digerakkan ketika terbangun dari tidur, cobalah menarik napas dalam dan menghembuskannya keras-keras. Kemudian cobalah untuk memaksa bagian tibuh untuk bergerak sebagai bentuk perlawanan.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sleep paralysis adalah dengan mengatur pola tidur, cobalah menciptakan lingkungan tidur yang nyaman,jangan mengonsumsi alkohol dan merokok, lakukan olahraga dengan teratur, dan cobalah untuk merelakskan pikiran sebelum tidur. Janganlah tidur dengan banyak beban pikiran atau stres. Kalian bisa melakukan olah pernapasan sebelum tidur untuk mencapai keadaan relaks sebelum tidur.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF