google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Inilah Riset Ilmiah yang Mengungkap Semakin Cerdas Seseorang Semakin Sedikit Temannya

Orang-orang cerdas tidak menggantungkan kebahagiaan dari teman.


0

Foto: elitedaily.com

HIPSTERMALANGTODAY Manusia yang merupakan mahluk sosial tentunya membutuhkan teman untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran. Akan tetapi para ilmuwan tidak sepenuhnya setuju dengan pendapat tersebut. dilansir dari idntimes.com, para ilmuwan tersebut melakukan riset dengan melibatkan 15 ribu orang dengan rentang usia mulai dari 18-25 tahun yang melakukan komunikasi dengan teman-temannya.  Hingga pada akhirnya riset tersebut menghasilkan beberapa kesimpulan beriut ini. 

Tiga kesimpulan utama riset

Psikolog Satoshi Kanazawa dari London School of Economics, dan Norman Li dari Universitas Manajemen Singapura, menyimpulkan tiga hal utama dari riset tersebut. Yang pertama, sebagai pedoman, orang-orang yang hidupnya berada di lingkungan padat tidak merasa begitu bahagia. Kedua, untuk merasakan kebahagiaan, banyak yang membutuhkan komunikasi yang tetap terhadap teman-teman sepemikiran. Tingginya suatu kebahagiaan diukur dari tingkat keintiman dan kualitas sutau percakapan tersebut. Ketiga, orang-orang yang memiliki kecerdasan tinggi cenderung memiliki berbagai pengecualian untuk tak membutuhkan teman.

Semakin tinggi level IQ seseorang, maka akan semakin berkurang kebutuhannya untuk berkomunikasi dengan orang lain

Biasanya, orang-orang cerdas tidak akan merasa puas dengan kehidupan mereka ketika terlalu aktif bersosialisasi. Mereka tidak merasa bahagia ketika mereka terlalu banyak berpesta.

Orang-orang cerdas biasanya memiliki lingkaran pertemanan yang sempit

Orang-orang yang cerdas memiliki cara kerja otak yang berbeda dengan orang lain. Cara mereka berkomunikasi dengan orang lainpun juga berbeda. Oleh karena itu, yang mau berteman dengan mereka hanyalah orang-orang tertentu saja. 

Persepsi orang yang menganggap orang cerdas hanya hidup di dunia mereka sendiri dan tidak mau bersosialisasi

Bagi orang-orang yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata, aktivitas sosial merupakan kegiatan yang jahat dan memaksa. Mereka sebagian besar memilih untuk selalu menyendiri, maka dari itu hanya beberapa orang saja yang mau berteman dengan mereka. 

Orang yang cerdas biasanya akan lebih tertarik soal hal-hal yang penting bagi mereka saja, sehingga komunikasi akan mereka taruh di prioritas nomor sekian

Carol Graham, seorang ilmuwan di Institusi Brooking yang merupakan ahli ekonomi kebahagiaan, menganggap bahwa orang-orang cerdas menggunakan waktu mereka untuk menciptakan target jangka panjang. Mereka menganggap bahwa kebahagiaan bisa ditemukan dalam berbagai hal, dan interaksi dengan orang lain bukan termasuk salah satunya.

Mungkin karena mereka menganggap bahwa komunikasi pertemanan akan mengganggu mereka dengan aktivitas utama mereka, yang berarti kebahagiaan mereka akan terganggu

Istilah ini bernama ‘Savanna Theory of Happiness.’ Teori tersebut menyatakan bahwa manusia bukan hanya sekumpulan DNA dan gen yang hidup, akan tetapi juga merupakan tempat dari sekumpulan memori yang diwariskan turun temurun. Pera leluhur kita merasa kebahagiaan juga bisa didapat lewat berbagai hal yang disukai, bukan hanya dari teman-teman saja. 

Meskipun orang-orang cerdas tak membutuhkan teman untuk bahagia, namun mereka tetap mampu untuk membiarkan beberapa orang untuk masuk ke dalam hidup mereka

Sebenarnya, orang-orang cerdas juga mampu untuk bersosialisasi. Akan tetapi mereka tidak mau bersusah payah hanya karena mereka ingin dianggap penting. Secara umum, mereka sebenarnya mampu untuk beradaptasi dan bersosialisasi. Namun mereka tak memilih untuk bersusah-payah bersosialisasi hanya karena mereka ingin dilihat dan dianggap penting. 

Mereka dengan mudah mampu membuat target dalam hidup karena kecerdasan yang mereka miliki memberikan kebebasan untuk menggantungkan diri kepada orang lain sepanjang waktu. (alv)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF