google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Kenapa Golongan Darah AB Menjadi Golongan Darah Paling Jarang di Dunia?


0

Tahukah kalian bahwa golongan darag AB negatif merupakan golongan darah paling jarang di dunia?

Sebelumnya, ayo mengenal golongan darah yang ada dan karakteristiknya!                 

Komponen dasar dari darah umumnya adalah sama yaitu sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan plasma. Setiap 600 sel darah merah dalam tubuh, hanya ada 40 trombosit dan satu sel darah putih yang bertugas untuk melindungi tubuh Anda dari kuman penyakit.

Pada permukaan sel darah merah, terdapat protein yang berikatan dengan karbohidrat. Ikatan inilah yang digunakan untuk menentukan tipe darah yang Anda miliki, disebut dengan antigen. Nah, antigen ini dikelompokkan ke dalam delapan tipe darah dasar, yaitu A, B, AB, dan O yang masing-masing bisa positif atau negatif.

Uniknya Golongan Darah AB

Golongan darah AB adalah golongan darah yang memiliki antigen A dan B, namun tidak memiliki antibodi keduanya, menjadikan karakteristik golongan darah AB ini unik dibandingkan dengan jenis golongan darah lainnya. Golongan darah AB dalam kaitannya dengan terima-donor darah merupakan penerima universal. Hal ini dikarenakan golongan darah AB dapat menerima transfusi darah dari semua golongan darah yang ada. Namun, golongan darah AB hanya dapat mendonorkan darahnya kepada tipe darah yang sama.

Golongan darah AB negatif dapat menerima menerima donasi darah dari semua golongan darah yang ada namun dengan resus negatif. Sedangkan untuk mendonorkan darah, AB negatif hanya dapat mendonorkan darahnya ke golongan darah AB baik positif maupun negatif.

Untuk Golongan darah AB positif, golongan darah ini bisa menerima darah dari semua golongan darah, namun hanya bisa mendonorkan darahnya kepada golongan darah yang sama, yaitu AB positif.

Golongan darah AB sendiri merupakan golongan darah yang unik karena golongan darah ini sangat jarang ditemukan di masyarakat.

Presentase Golongan Darah AB di Dunia Sangat Sedikit

Melansir Medical Daily, penelitian yang dilakukan oleh Stanford School of Medicine menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 3,4 persen orang dengan golongan darah AB positif  dan 0,6 persen dengan golongan darah AB negatif

Sementara itu menurut redcrossblood.org, terdapat 4 persen orang Amerika yang memiliki golongan darah AB. Golongan darah AB positif di Amerika hanya sebesar kurang dari 4 persen. Sementara itu, terdapat kurang dari 1 persen golongan darah AB negatif.

Lalu, apa yang membuat golongan darah AB sangat jarang untuk ditemukan?

Seperti yang kita ketahui, golongan darah AB tercipta dari satu orang tua dengan gen A dan pihak laindengan gen B. Tapi untuk menghasilkan orang dengan golongan darah inimerupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena jumlah orang yang memiliki golongan darah A dan B termasuk sedikit sehingga kemungkinan untuk menghasilkan keturunan dengan golongan darah AB menjadi  sangat rendah.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF