google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Kenapa Harga dari Tanaman Bonsai Sangat Mahal?


0

Bonsai, secara harfiah berarti “penanaman di baki”, adalah salah satu bentuk seni yang berasal dari Asia dimana seni ini menggunakan teknik budidaya untuk menghasilkan pohon kecil dalam wadah yang meniru bentuk dan skala pohon ukuran aslinya. 

Untuk membuat sebuah bonsai sendiri diperlukan pelatihan selama bertahun-tahun dan dedikasi yang sangat tinggi. Pada tahun 2012, Bonsai yang dipamerkan di Asia-Pacific Bonsai and Suiseki Convention & Exhibition terjual dengan harga ¥100,000,000 (RP 13 miliar).

Sumber: setouchiexplorer.com

Lalu sebenarnya apa yang membuat tanaman ini sangat mahal?

Sejarah Bonsai

Bonsai sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang. Bonsai merupakan seni yang berasal dari Cina dimana praktek pembuatan tanaman berukuran mini ini muncul pada abad ke-6. Di Cina sendiri, praktek ini disebut dengan nama “pensai”, hampir terdengar sama dengan versi jepangnya yaitu bonsai. Selain di Jepang dan di Cina, praktek bonsai ini juga berada di Vietnam dengan nama “Hòn Non Bộ”.

Mengutip dari Peter Chan (1987) dalam bukunya yang berjudul Bonsai Masterclass, tujuan utama dari praktek bonsai ini adalah untuk perenungan (contemplation) bagi para penikmatnya dan juga untuk pelatihan usaha (effort) dan juga kecerdikan dari pembuat bonsai itu sendiri. Berbeda dari praktik budidaya tanaman lainnya, bonsai tidak dimaksudkan untuk produksi makanan atau obat-obatan. Sebaliknya, praktik bonsai berfokus pada penanaman jangka panjang dan pembentukan satu atau lebih pohon kecil yang tumbuh dalam wadah.

Tingkat Kesulitan, Kesabaran dan Ketelitian dalam Pembuatan Bonsai

Dalam cara untuk membuat bonsai, pertumbuhan pohon dibatasi dengan cara pemangkasan, pemasangan kabel, pemindahan tempat tumbuh secara berulang-ulang, dan okulasi. Bukan hanya itu, tanaman juga perlu perhatian yang penuh. Bonsai perlu diperiksa dan sering disiram setiap hari. Keterampilan merupakan fator yang sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan pohon ini menjadi tanaman yang bernilai tinggi.

Bentuk bonsai pun juga bermacam-macam. Unsur estetika juga merupakan salah satu poin plus dalam praktek seni ini. Bonsai sering ditekuk dan dibentuk seindah mungkin. Sering pula ditemui bonsai yang diposisikan di sekitar batu-batuan dan juga ditempatkan dengan pohon lain untuk mensimulasikan miniatur hutan. Teknik yang diperlukan untuk melakukan hal ini sungguh sulit untuk dikuasai dan dibutuhkan waktu yang sangat lama. Kesalahan kecil dalam proses pembentukan akan berakibat fatal seperti bentuk tidak sesuai dengan yang diinginkan hingga tanaman yang sudah berusia ratusan tahun ini dapat mati.

Melansir businessinsider.com, Chiako Yamamoto adalah master bonsai generasi keempat yang berbasis di Jepang Pusat. Dia telah membuat dan menjual bonsai selama 51 tahun terakhir, dan salah satu keterampilan paling sulit untuk dikuasai ketika menanam tanaman ini adalah kesabaran.

Waktu dan pengabdian yang dibutuhkan dalam proses pembuatan bonsei tentunya sangat berbeda dengan membuat karya seni lainnya. Tanaman adalah makhluk hidup dan akan selalu bereaksi dengan caranya sendiri.

Faktor-Faktor Lain

Selain itu, faktor lain seperti pot bonsai dan juga alat yang digunakan untuk merawat bonsai kebanyakan adalah buatan tangan. Harga dari alat-alat inipun dapat berkisar hingga puluhan juta rupiah.

Jenis dari pohon bonsai juga bermacam-macam. Jenis pohon yang lebih sulit untuk tumbuh memerlukan teknik khusus dan tentunya akan lebih mahal di pasaran.

Namun terlepas dari harga itu sendiri bonsai merupakan salah satu karya seni yang memiliki sejarah panjang dan sangat dikagumi karena keindahan dan juga keuletan dari senimannya. 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF