google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Manfaat Lompat Tali untuk Kesehatan Dewasa


0

Permainan lompat tali kerap dimainkan oleh anak-anak. Selain sebagai permainan, bagi orang dewasa sebenarnya kegiatan yang juga disebut sebagai skipping atau jumping rope itu memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan dan penurunan berat badan. Berikut adalah manfaat lompat tali untuk kesehatan dewasa.

Dilansir dariĀ Times of India, lompat tali disebut sebagai latihan kardio yang sempurna. Sejumlah atlet kelas dunia pun juga menerapkan olahraga ini dalam menunjang performanya.

Kombinasi gerakan dalam lompat tali dinilai mampu mengencangkan betis, meningkatkan stamina dan kapasitas paru-paru. Gerakan yang melibatkan seluruh bagian tubuh ini pun dinilai jadi latihan yang cukup efektif untuk membakar banyak kalori dalam waktu singkat.

Rata-rata, gerakan lompat tali dalam satu menit mampu berperan dalam membakar 10 kalori. Di satu sisi, jumlah kalori yang akan dibakar dengan lompat tali tergantung pada berapa berat badan seseorang. Pasalnya. Semakin berat bobot seseorang, maka akan membutuhkan lebih banyak energi untuk bekerja melawan gravitasi dan akan membakar lebih banyak kalori saat melakukan lompat tali.

Seperti pada olahraga lainya, output yang dihasilkan juga bergantung pada usia dan metabolisme seseorang. Selain itu, hasil dari lompat tali pun juga bergantung pada pola makan seseorang.

Selain dapat membakar kalori, lompat tali juga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung. Karena ini merupakan latihan kardio, otomatis lompat tali juga mampu meningkatkan detak jantung dan membuat jantung menjadi lebih kuat.

Dengan begitu, maka resiko strok dan sakit jantung pun dapat ditekan. Selain itu, kombinasi gerakan seluruh tubuh terutama pada kaki dan tangan pun membuat lompat tali dapat berperan dalam meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Di satu sisi, tingginya intensitas gerakan dalam lompat tali pun membuatnya termasuk dalam high-intensity interval training (HIIT). Seperti pada latihan HIIT lainya, lompat tali juga berperan dalam mengurangi lemak perut atau belly fat tanpa melakukan diet. Artinya, lompat tali otomatis berperan dalam mengencangkan dan membentuk tubuh bagian perut.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF