google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Nilai Kehidupan dalam Novel Mimpi Anak Pulau Karya Abidah El Khalieqy


0
1 share

ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk untuk mendeskripsikan nilai nilai moral dan nilai kehidupan yang terdapat dalam novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy.
Pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan sosiology. Keduanya merupakan sebuah analisis yang digunakan untuk mempermudah dan mengetahui apa saja nilai moral dan makna kehidupan dari dalam novel yang berjudul “Mimpi Anak Pulau” karya Abiday El Khalieqy.

Teknik dari pengumpulan data yaitu dengan cara pembacaan novel secara intensive dan berulang-ulang, kemudian pencatatan data, dan yang terakhir adalah menganalisis data yang telah dihimpun dari novel tersebut untuk menghasilkan suatu penemuan makna kehidupan dan nilai moral apakah yang terkandung dalam novel “Mimpi Anak Pulau” karya Abiday El Khalieqy.

Masalah yang terkandung dalam novel yakni mengenai perjuangan hidup untuk meraih sebuah kesuksesan dimasa yang akan datang. Kemudian hasil penelitian menggunakan metode pendekatan sosiology menunjukkan bahwa terdapat beberapa nilai dan makna kehidupan dalam novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqi.

Hasil dari penelitian ini adalah pembaca dapat mengetahui apa-apa saja nilai kehidupan dalam Novel Mimpi Anak Pulau sebagai contoh pelajaran dalam hidup mengenai sebuah perjuangan tanpa batas untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Kata Kunci : Nilai Moral, Makna Kehidupan

Abstract
This research was conducted with the aim of describing the value of moral values and the meaning of life contained in the novel Mimpi Anak Pulau by Abidah El Khalieqy. The research approach used is the sociology approach. Both are an analysis that is used to simplify and know what moral values and meanings of life are in the novel entitled “Dream of the Island Children” by Abiday El Khalieqy. The technique of data collection is by reading the novel intensively and repeatedly, then recording data, and finally analyzing the data collected from the novel to produce a discovery of the meaning of life and what moral values are contained in the novel “Dream of the Island Children “By Abiday El Khalieqy. The problem contained in the novel is about the struggle for life to achieve success in the future. Then the results of the study using the sociology approach method show that there are several values and meanings of life in the novel Mimpi Anak Pulau by Abidah El Khalieqi. The results of this study are that the reader can know anything about the value of life in the Mimpi Anak Pulau novel as an example of lessons in life about an endless struggle to achieve success

Keywords: Moral Value, Meaning of Life

PENDAHULUAN

Karya sastra merupakan sebuah struktur yang kompleks, untuk dapat memahami karya sastra harus dianalisis dengan sangat rinci. Makna keseluruhan hasil dari karya sastra akan dapat mudah untuk dipahami. Untuk menganalisis karya sastra, peneliti harus menganilisis sistem tanda dan menentukan konvensi konvensi apa yang memungkinkan tanda tanda atau struktur dalam karya sastra itu mempunyai makna.

Untuk mendapatkan makna dari sebuah karya sastra harus diketahui konvensi konvensi yang memungkinkan diproduksinya makna dalam cerita. Menjelaskan bahwa moral dan makna kehidupan dalam cerita biasanya dimaksudkan sebagai suatu saran yang berhubungan dengan nilai yang bersifat praktis, yang dapat diambil (dan ditafsirkan) lewat cerita yang bersangkutan (Nurgiyantoro, 2007: 197).

Mengapa sebagai makhluk sosial yang takakan bisa hidup orang diri dan akan selalu membutuhkan orang lain harus mengetahui tentang nilai dalam kehidupan, karena dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali mengandung nilai atau cerita dalam kehidupan, harus banyak belajar dari peristiwa apapun itu yang dapat dipetik hikmahnya.

Duran (dalam Sundari, 2001) mengatakan bahwa makna hidup merupakan suatu penghayatan bermakna yang secara sadar dipahami melalui pengalaman-pengalaman hidup yang penting, penciptaan suatu hasil karya tertentu yang berharga dan sikap yang tegar dalam mengahadpi sebuah penderitaan yang tidak dapat dielakkan.
Nilai-nilai atau peraturan-peraturan dalam masyarakat berlaku dan disepakati bersama-sama dalam kehidupan, manusia tidak dapat hidup sendiri,oleh karena itu sangat penting memahami nilai-nilai kelompok, masyarakat, negara,dan pribadi sendiri. Sedangkan nilai kehidupan adalah nilai-nilai yang hidup dan dapat mempengaruhi tindakan seseorang.

Begitu pula dengan novel karya Abidah El Khalieqy yang berjudul Mimpi Anak Pulau banyak mengandung nilai moral dan nilai kehidupan yang dapat dipetik dan dijadikan acuan untuk selangkah kedepan.

Banyak sekali nilai dalam kehidupan yang dapat dipelajari juga dapat dipraktekan dalam kehidupan yaitu mulai dari nilai budaya,moral,agama, dan nilai sosial banyak ditemuka dalam novel Mimpi Anak Pulau. Dalam nilai budaya pada novel menceritakan kisah mengenai tokoh Gani yang sering menggunakan logat Batam yang kebanyakan menggunakan logat Melayu untuk kegiatan sehari-hari ketika tokoh Gani masih duduk di bangku sekolah dengan keluarga kecilnya.

Nilai moral yang dapat dilihat dari novel Mimpi Anak Pulau tersebut ketika tokoh Gani mengabdikan dirinya untuk terus membantu ibunya mencari nafkah padahal ia masih sangat kecil untuk mencarikan nafkah tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Nilai agama yang terkandung dalam novel menceritakan mengenai ketekunan menjalankan perinta agama, yaitu ibadah tidak pernah ditinggalkan walau dalam keadaan apapun, dengan doa dan usaha semua akan berjalan dengan baik.

Terakhir adalah nilai sosial yang terkandung dalam novel menceritakan mengenai tokoh Gani yang telah suskses menjadi seorang yang terpandang, ia memberikan sebuah pekerjaan kepada orang yang sangat membutuhkan pekerjaan yang halal, sampai-sampai banyak sekali yang menggidolakan tokoh Gani karena wataknya yang dermawan, baik hati dan bijaksana.

Seseorang yang berinteraksi dengan sesama makhluk hidup ciptaan tuhan harus saling mengerti dan memahami keadaan disekitarnya sebelum ia jauh melangkah, melihat contoh nilai dalam kehidupan juga sangat penting untuk masa depan dan untuk menyongsong moral yang baik untuk generasi muda penerus bangsa yang beretika. Apabila yang dilakukan seseorang harus sesuai dengan nilai rasa yang berlaku di masyarakat dan dapat diterima serta menyenangkan lingkungan masyarakatnya, maka orang itu dinilai memiliki moral yang baik, begitu juga sebaliknya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa moral atau nilai kehidupan adalah produk dari budaya. Moral atau nilai kehidupan dalam cerita biasanya dimaksudkan sebagai suatu saran yang berhubungan dengan nilai nilai kehidupan yang bersifat praktis, yang dapat diambil (dan ditafsirkan) lewat cerita yang bersangkutan.

Keberadaan nilai moral dan makna kehidupan  adalah sebagai kontrol sosial yang dijadikan pedoman berinteraksi dalam segala masalah kehidupan. Bersifat praktis karena tampilannya dalam kehidupan nyata sebagaimana tampilan sikap dan tingkah laku tokoh dalam cerita

METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan analisis pelitian kualiatif dan menggunakan  pendekatan sosiology, dimana penelitiannya tidak menggunakan data statistik yang berupa angka-angka, melainkan mencari data-data berupa nilai-nilai. Penggunaan metode kuantitatif dipergunakan mengumpulkan data-data.

Dalam beberapa bidang studi, pada dasarnya lebih tepat digunakan jenis penelitian kualitatif, misalnya penelitian yang berupaya mengungkap sifat- sifat pengalaman seseorang. Metode kualitatif dapat digunakan untuk mengungkap dan memahami suatu dibalik fenomena yang sedikit dan belum diketahui. Demikian pula metode kualitatif dapat memberi rincian yang kompleks tentang fenomena yang sulit diungkapkan oleh metode kuantitatif.

Ilmu sosiologi mempelajari menganai  masyrakat dan  mempelajarai struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial didalamnya. Nilai kehidupan di dalam cerita novel Mimpi Anak Pulau banyak mengandung nilai sosial di dalamnya seperti yang dijalskan pada metode sosiologi tersebut. Sosiologi membut pendekatan terhadap kejadian sosial dari segi apa yang mereka miliki bersama.ia mencoba   melalui perbandingan kejadian lain.

Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara pembacaan yang intensif, pencatatan data, dihimpun dan selanjutnya dianalisa dan dideskripsikan sesuai dengan fokus masalah yang sedang dianalisis berdasarkan hasil temuan tentang analisis unsur nilai dan makna kehidupan yang terkandung dalam  novel “Mimpi Anak Pulau” karya Abidah El Khalieqy adalah sebuah perjalanan hidup yang dimulai dari nol sampai pada akhirnya menajdi orang besar dan hebat.

Metode kualitatif, merupakan metode sosiologi yang menekankan pada pengumpulan dan penggunaan data deskriptif atau naratif. Data tersebut merupakan rangkaian kata-kata.  Kemudian mengenai penggunaan metode menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana metode ini memberikan perhatian terhadap data alamiah, data dalam hubungannya dengan konteks keberadaannya.

Cara-cara inilah yang mendorong metode kualitatif dianggap sebagai multimetode. Landasan berpikir metode kualitatif adalah paradigma positivisme. (Moleong, 1998: 10-11) Objek penelitian bukan gejala sosial sebagai bentuk substantif, melainkan makna-makna yang terkandung dibalik tindakan, yang justru mendorong timbulnya gejala sosial tersebut. Dalam sosiologi sastra sumber datanya berupa masyarakat sebab masyarakatlah yang menghasilkan karya sastra tersebut.

HASIL dan PEMBAHASAN

Sesuai dengan rumusan masalah penelitian ini yaitu mengenai makna kehidupan dalam novel Mimpi Anak Pulau banyak mencerminkan nilai dalam kehidupan ini. Makna hidup adalah hal-hal khusus yang dirasakan penting dan diyakini sebagai suatu yang benar serta layak dijadikan sebagai tujuan hidup yang harus diraih yang akan dibahas pada pembahasan di bah adalah mengenai watak dan kebiasaan yang dimiliki oleh si tokoh tersebut yang sangat berhubungan dengan makna kehidupan.

Nilai kehidupan juga bisa kita sebut sebagai moral dalam kehidupan, moral itu sendiri adalah sebagai berikut menurut Lilie, kata moral berarti mores (bahasa latin) yang berarti tata cara dalam kehidupan atau istiadat ( Pratidarmanastiti, 1991). Penalaran moral menekankan pada alasan mengapa suatu tindakan dilakukan daripada sekedar arti suatu tindakan. Sehingga dapat dinilai apakah tindakan tersebut baik atau buruk. Maka hasil pembahasan yang diperoleh adalah sebagai berikut.

Didalam novel Mimpi Anak Pulau juga di jelaskan memiliki tujuan untuk hidupanya yang lebih cerah di kemudian hari, dalam novel Mimpi Anak Pulau Karya Abidah El Khalieqy adanya unsur nilai (1) budaya (2) moral (3) agama, dan(4) nilai sosial. Hal itu digunakan untuk tolak ukur si tokoh dan strategi untuk menata kehidupanya kelak agar sejahtera dan serba kecukupan. Itulah mimpi dari seorang tokoh tersebut.

1.Nilai Budaya
Nilai-nilai budaya adalah nilai- nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkup organisasi, lingkungan masyarakat, yang mengakar pada suatu kebiasaan, kepercayaan (believe), simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dan lainnya sebagai acuan prilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi.

Kebudayaan adalah  sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Tujuan untuk mempelajaru nilai budaya sendiri yaitu agar kita tahu betapa kayanya negeri in i yang kaya akan kebudayannya dibandingkan dengan negara negara lainnya. Dalam kutipan novel Mimpi Anak Pulau menegaskan bahwa :

“Ayah tak boleh tidur dengan Indok, karna Doly tak nak punya adik lagi,”.

Banyak bahasa Melayu yang digunakan saat para tokoh di dalam novel berbicara, selalu bahasa daerah mereka yaitu daerah Batam yang notabennya menggunakan Bahasa Melayu sebagai bahasa sehari-hari mereka. Nilai budaya itu yang tak pernah luntur di kehidupan tokoh Gani dan masyarakat setempat.

Nilai budaya juga memiliki beberapa unsur dalam strukturnya yang sangat panjang, yaitu; (1) Bahasa dan Komunikasi (2) Ilmu Pengetahuan (3)Teknologi (4) Ekonomi dan agama (5)Agama
Mengenai unsur-unsur pendukung dari nilai budaya akan membahas hal tersebut secara rinci yang pertama adalah:

a.Bahasa dan Komunikasi ‘
Bahasa sendiri sangat penting untuk menunjang komunikasi yang baik bahasa pun harus selalu baik dan sopan. Dalam novel Mimpi Anak Pulau menggambarkan logat bahasa komunikasi menggunakan bahasa daerah yaitu daerah Batam. Bahasa yang digunakan juga sangat sopan dan tidak ada bahasa kasar yang dilontarkan dalam setiap percakapan sengan teman maupun orang yang lebih tua. Sewaktu tokoh sudah beranjak dewasa juga masih sama, masih menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk bercakap dengan orang-orang sekitarnya.

b.Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan sangat vital bagi semua generasi, karena dengan adanya ilmu pengetahuan semuanya akan terprogram dan terencana dengan baik melalui SDM yang  gemilang. Tanpa adanya ilmu pengetahuan maka tidak ada yang berubah secara signifikan, perubahan yang berarti dimulai dari SDM dan IPTEK yang mumpuni agar dapat bersaingin dengan negara yang lain.

Dalam novel Mimpi Abak Pulau sangat gamblang mengisahkan bahwa tokoh semangat untuk terus menimba ilmu sampai ke kota yang sangat jauh dari tempat tinggalnya, disitu tokoh tidak bosan untuk terus belajar dan berusaha, belajar dari kesalahan dan mengulanginya sampai berhasil. Itu sudah sangat terbukti ketika tokoh sukses dengan ilmu pengetahuannya.

c.Teknologi
Teknologi di era digital seperti sekarang memang sudah berkembang secara pesat, lebih lagi di banyak negara tetangga yang melampaui batas modernnya teknologi masa kini, adanya gadget, PC, dan benda portable lainnya sangat mendukung kegiatan sehari-hari untuk menimba ilmu atau hanya sekedar relaksasi belaka menghilangkan penat.

Tapi untuk cerita dalam novel Mimpi Anak Pulau sangat berbanding terbalik dengan jaman sekarang, mengapa demikian karena jaman pada tokoh ini lahir dan bertempat tinggal di pulau kecil sangat minim untuk memiliki teknologi yang cangih seperti saat ini. Banyak surat-menyurat untuk sekedar menanyakan kadar atau apapun itu, masih sangat sederhana dan tidak ada teknologi secanggih jaman sekarang.

d.Ekonomi
Tingkat pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang akan semakin meningkat setiap tahunnya. Nilai mata uang yang masih terjangkau pada masa tokoh hidup masih sangat murah untuk dijangkau, tapi karena faktor ekonomi yang minim semua itu hanya angan belaka. Setiap harinya mencari nafkah untuk keluarga dengan cara saling bergotong-royong, tak pandang waktu dan situasi.

Dimanapun keluarga kecil itu terus berusaha mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Maka dari itu tokoh memiliki inisiatif untuk mencoba merubah kehidupannya menjadi lebih baik lagi dengan cara mandiri menimba ilmu dan memanfaatkan ilmu yang ia miliki untuk mencoba menaikkan derajat keluarganya menjadi lebih baik. Pada akhirnya dengan tekadnya yang kuat tokoh mampu mewujudkannya dan mampu menjunjung derajat kedua orang tuanya dan dapat membantu perekonomian orang-orang disekitarnya.

e.Agama
Agama merupakan nilai pokok palinhg penting dalam kehidupan manusia di bumi, karena agama merupakan identitas seseorang yang tinggal di negara manapun. Tanpa adanya agama maka goyahlah persatuan dan kesatuan yang dibangun selama ini oleh para Pahlawan pendahulu yang rela berkorban demi tumbah darah memerdekaan Indonesia.

Dalam novel Mimpi Anak Pulau Karya Abidah El Khalieqy ini menerangkan betapa vitalnya agama dalam kehidupan tokoh dan keluarganya. Dimanapun berada harus tetap melaksanakan ibadah wajib, karena keluarga notabennya memeluk agama Islam, maka ibadah 5 waktu tidak boleh ditinggalkan untuk alasan apapun. Dalam keluarga kecil tersebut apapun keadaannya ibadah adalah hal nomor 1 yang paling didahulukan.

2.Nilai Moral
Pengertian nilai moral adalah bentuk gambaran objektif atas sisi kebenaran yang dijalanakn oleh seseorang di dalam lingkungan bermasyarakat. Definisi ini sejalan dari berbagai bahasa terhadap penjelasan suku kata moral, seperti dalam Bahasa Yunani “Etika”, Bahasa Arab “Akhlak”, dan Bahasa Indonesia “Kesuliaan”.

Dalam novel “Mimpi Anak Pulau” ada kutipan yang menyatakan mengenai nilai moral yang diajarkan dalm cerita kehidupan tokoh Gani
“ Belajar yang rajin, kalau sudah mempunyai cukup ilmu kau akan bisa melakukan banyak hal untuk memperbaiki kondisi keluargamu, orang-orang terdekatmu, kawan-kawanmu,dan masyarakat banyak di luar sana, kalau misal esok kau menjadi orang besar macam Bung Karno kau bisa membangun negeri ini dengan ilmu yang kau miliki nak,”.

Dalam nilai moral mengandung dua unsur yang berbeda, yaitu (1)nilai moral baik dan (2)nilai moral buruk

a.Nilai Moral Baik
Nilai moral baik adalah nilai yang dikaitkan dengan kesesuaian antara harapan dan tujuan hidup manusia dalam menjalankannya bisa ditinjaun dari kaidah sosial masyarakat. Sangat nyata, mana yang salah dan yang baik.

Contohnya saja dengan monolong semasama yang membutuhkan satu sama lainnya. Nilai moral yang baik ditunjukan saat tokoh mulai membantu memberi seorang preman sebuah pekerjaan dan sekarang preman tersebut mencari pekerjaan dengan cara yang halal.

b.Nilai Moral Buruk
Jenis nilai moral selanjutnya adalah tentang keburukan, yang artinya lawan kata dengan istilah kebaikan. Nilai ini dianggap menyimpang terhadap keteratan sosial, selain itu dampak yang ditimbulkan akan menciptakan masalah-masalah sosial yang akan terjadi. Misalnya saja nilai ini seperti mencuri, korupsi, dan lain sebagainya. Dalam novel Mimpi Anak Pulau hampir tidak ada moral yang buruk yang dilakukan oleh tokoh. Karena keliarga tokoh selalu mengajarkan kebaikan bukan memberikan pelajaran yang buruk bagi anak-anaknya.

3.Nilai Agama
Berkaitan dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan Allah SWT dan utusan-utusannya. Salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atas dasar pertimbangan kepercayaan bahwa sesuatu itu dipandang benar menurut ajaran agama. Tanpa agama dan juga doa suatu hal apapun tidak akan pernah kita dapatkan, karena kekuatan terbesar hanyalah milih Tuhan dan kita sebagai manusia hanya mampu berdoa dan juga berusaha. Dalam kutipan novel “Mimpi Anak Pulau” dapat kita lihat sebagai berikut.

“ Ayo anak-anak kita subuhan berjamaah. Kau Gani! Azan yang kencang ya, biar didengar oleh para penduduk hutan yang lain”.
“ Akan ku coba, eh bukannya kita belum shalat ashar? Ayolah kita rehat sejenak untuk shalat.”

Dalam kutipan percakapan di atas, memang nilai agama sanbgat dijunjung tinggi oleh tokoh Gani, karena kebiasaan yang sudah lama turun temurun dari keluarganya mengharusknnya untuk rajin beribadah sebagai penyelamat kehidupan di dunia maupun di akherat nanti.

Tanpa adanya doa dan tanpa adanya usaha maka semuanya akan sia-sia dan tidak ada gunanya. Semua harus seimbang antara usaha dan juga doa. Berkaitan dengan tokoh yang notabennya beragama Islam maka agama itu memiliki beberapa unsur di dalamnya, yaitu ;

a.Nilai Akidah
Nilai akidah memiliki peranan yang sangat penting dalam ajaran Islam, sehingga penempatanya berada di posisi yang utama. Akidah secara etimologis berarti yang terikat atau perjanjian yang teguh, dan kuat, tertanam dalam hati yang paling dalam. Secara etimologis berarti credo, creed yaitu sebuah keyakinan hidup dalam arti khas, yaitu pengingkaran yang bertolak dari hati.

Dengan demikian, akidah adalah urusan yang wajib diyakini kebenaranya oleh hati, menentramkan jiwa, dan menjadi keyakinan yang tidak bercampur dengan keraguan. Dalam novel Mimpi Anak Pulau menegaskan bahwa kepercayaan agama Islam masih sangat dijunjung tinggi oleh keluarga tokoh. Tekun dan rajin beribadah adalah pokok penting dalam kehidupan mereka.

Aspek nilai akidah tertanam sejak manusia dilahirkan, telaah tersebut tertuang dalam surat Al-A‟raf ayat 172:
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah aku ini Tuhanmu?” mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuban kami), Kami menjadi saksi”. (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)”.

b.Nilai Akhlak
Dalam agama Islam, akhlak atau perilaku seseorang muslim seseorang dapat memberikan suatu gambaran akan pemahamanya terhadap agama Islam. nilai-nilai akhlak sangatlah penting untuk diketahui dan diaktualisasikan oleh seseorang muslim atau seseorang ketika dalam proses pembinaan dan membentuk karakter yang tercermin sebagi muslim yang sejati. Secara etimologi, pengertian akhlak berasal dari bahasa arab yang berarti budi pekerti, tabi‟at, perangai, tingkah laku buatan, ciptaan.

Dalam novel Mimpi Anak Pulau nilai akhlak yang ditunjukan sangat bagus, dari segi perbuatan dan ibadah semuanya sangat tertata. Tidak ada salah langkah ataupun salah dalam menentukan tujuan hidupnya kelak akan dibawa kemana.

4.Nilai Sosial
Nilai sosial menyangkut hubungan pribadi kita dengan orang lain di dalam kehidupan bermasyaakat. Ada peraturan bermasyarakat dan setiap kita wajib mematuhinya. Kualitas perilaku, pikiran, dan karakter yang dianggap masyarakat baik dan benar, hasil yang diinginkan, dan layak ditiru oleh setiap orang.

Nilai sosial merupakan sikap dan perasaan yang diterima secara luas oleh masyarakat dan merupakan dasar untuk merumuskan apa yang benar dan apa yang penting. Dalam novel menceritakan mengenai tokoh Gani yang sudah memberikan sebuah pekerjaan kepada preman yang tadinya sangat ditakuti oleh orang sekitr dan sekarang sudah hidup makmur karena tokoh Gani tersebut.

SIMPULAN DAN SARAN
Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy banyak menguraikan nilai-nilai kehidupan yang bernuansa sangat memotivasi. Motivasi-motivasi yang terkandung dalam novel “Mimpi Anak Pulau” bertebaran di dalam novel. Kepiawaian Abidah dalam mengurai masalah pelajaran moral membuat para pembaca terbawa arus petualangan kehidupannya.

Makna kehidupan yang diceritakan di dalam novel tersebut juga sangat menginspirasi pembaca agar dapat meniru jejaknya.. Peneliti berharap agar dalam membaca novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy atau novel-novel lain bernuansa agamis, para siswa dan masyarakat umum hendaknya lebih serius dalam membaca dan memahami kandungan isinya sehingga diharapkan dapat mengambil hikmah dan pelajaran positif dari novel tersebut.

Banyak menerangkan mengenai nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam novel yang patut ditiru dan diterapkan untuk kehidupan sehari-hari.

Bahkan diharapkan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan nyata dengan cara meniru hal-hal positif dari novel tersebut. Mengapa sipenulis ingin menulis pengalaman hidupnya semasa dahulu untuk sekedar memotivasi generasi penerus bangsa agar tidak kalah dengan perkembangan zaman.

Di zaman yang sudah serba canggih dan modern kemajuan IPTEK dan SDM harus berkembang pesat. Untuk itu si penulis menuliskan sedikit pengalamannya yang dituangkan dengan indah di secarik buku novel.
Saran yang mungkin harus di terapakan dalam novel tersebut mungkin pada cerita yang sedikit bertele-tele, dalam segi cerita sudah runtut dan baik. Untuk para peneliti yang lain silahkan mencari pembahasan yang lebih menarik untuk dikaji secara mendalam untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang baru kedepannya.

Guirani Harum Septianida
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
guirani_harum@yahoo.com

Cover Novel Mimpi Anak Pulau

Novel ini sangat menginspirasi baik untuk pembaca maupun orang yg mendengarkan cerita inspiratifnya. Banyak pelajaran hidup yang bisa di ambil sisi positifnya. 


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF