google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Pelat Putih Mulai Diterapkan untuk Bantu Polisi Lakukan Sistem Tilang CCTV


0

Korps Kepolisian Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) pada beberapa waktu lalu sempat mengumumkan wacana pemberlakuan warna putih untuk latar pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNBK). Pemberlakuan ini sudah mulai berjalan di beberapa wilayah di Indonesia.

Jika sebelumnya pelat nomor memiliki latar warna hitam dengan tulisan berwarna putih, kini akan diubah sebaliknya. Apa yang menjadi dasar pergantian ini?

Melansir detik.com (25/6/2019), Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menjelaskan, rencana perubahan warna pelat nomor kendaraan ini dilakukan agar polisi mudah mengawasi kendaraan di jalan. Penggantian warna tersebut berkaitan dengan program Electronic Registrasi dan Identifikasi (Regident) yang akan diterapkan Polisi Lalu Lintas.

“(Penggantian warna pelat nomor kendaraan bermotor) satu rangkaian dengan program elektronik yang disebut Electronic Regident. Dari Electronic Regident ini dapat dikembangkan menjadi program-program pembatasan pengoperasionalan kendaraan bermotor, seperti ERP, ETC (Electronic Toll Collect), e-Parking, ELE (Electronic Law Enforcement),” jelas Setyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2017) lalu.

Pemberlakuan pelat putih ini juga merupakan salah satu hal yang mendukung sistem tilang dengan CCTV atau Electronic Traffic Law Enformance (e-TLE).  Dengan pelat yang berlatar warna putih, lebih mudah bagi pihak polisi untuk mengidentifikasi kendaraan melalui kamera CCTV yang terpasang di jalan. Warna ini jauh lebih mudah untuk diidentifikasi melalui rekaman CCTV sebagai bukti pelanggaran.

Seain itu, pemberlakuan ini juga agar penindakan terhadap pelanggar aturan lalu lintas dapat langsung terdeteksi dan terdata. Dengan adanya e-TLE dan pemberlakuan pelat putih, tentunya dapat memudahkan polisi dalam menanggulangi kasus pelanggaran lalu lintas.

Respon akan pemberlakuan pelat putih

Pemberlakuan inipun juga mendapat respon positif dari berbagai pihak. Salah satu pengamat mengutarakan pendapatnya mengenai pemberlakuan pelat putih ini.

Melansir detik.com (26/6/2019), Tori Damantoro selaku Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) wiayah Jakarta menyampaikan “Setuju, (penggunaan pelat warna putih) salah satu kebijakan pendukung kebijakan e-TLE, kenapa saya mendukung? Karena cara penegakan hukum yang konsisten dan berkesinambungan. Kalau pakai petugas kan, tergantung banyak human error-nya,”

Pemberlakuan pelat putih sudah berjalan di beberapa kota seperti Jakarta dan sekitarnya. Namun, belum semua kendaraan memakai pelat nomor berlatar putih.

Melansir detik.com (26/6/2019), Halim Pagarra selaku Direktir Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri menturkan bahwa “TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) tersebut untuk NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) pilihan, atau nomor pilihan,”


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF