google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Plus Minus Permainan Tradisional Bagi Anak

Setiap jenis permainan pasti memiliki keunggulan dan berbagai manfaat di setiap permainan.


0

HIPSTERMALANGTODAY- Setiap jenis permainan pasti memiliki keunggulan dan berbagai manfaat di setiap permainan. Akan tetapi kalian juga perlu mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan antara mainan tradisional dan gadget. Menurut Eichberg (2005) permainan tradisional hampir sama dengan berolahraga. Apabila kalian perhatikan sebagian permainan anak di luar rumah memang mewajibkan anak untuk bergerak dan berkeringan. Efek yang diberikan tidak jauh beda dengan berolahraga.

Selain mampu meningkatkan aktivitas anak, permainan tradisional juga dapat membuat terjalinnya komunikasi anatara anak dan teman – teman sebayanya. Ini juga mampu meningkatkan perbendaharaan kata yang dimiliki anak dan memperluas relasi pertemanan anak kalian. Manfaat lain dari mainan tradisional antara lain.

1. Mengasah kreativitas anak

Ada beberapa permainan tradisional yang membutuhkan media seperti memakai batu untuk menandai jika tidak ada batu anak bisa menggunakan benda lain seperti pecahan batu bata atau genting. Biasanya garis pembatas untuk permainan dampu yang ada di taman diwarnai dengan cat namun jika tidak ada anak dapat menggunakan kapur untuk membuat garis pembatas ini juga membuat anak lebih kreatif dan mampu mencari jalan keluar dengan baik.

2. Membangun karakter dan perkembangan kognitif anak

Permainan tradisional juga mewajibkan anak untuk mengikuti aturan, bekerja sama dengan teman sebaya, menerima kekalahan, dan harus mamput membuat strategi untuk mengalahkan lawan.

3. Meningkatkan kemampuan motorik

Permainan tradisional seperti dampu mampu mengasah keseimbangan tubuh anak. sementara permainan seperti bola bekel juga dapat meningkatkan kemampuan motorik pada anak untuk menangkap bola dan mengambil biji bekel.

Walaupun memiliki manfaat yang sangat banyak jenis permainan tradisional juga memiliki risiko seperti anak mungkin saja dapat terjatuh dan terluka dalam memainkan permainan tersebut. bahkan anak yang terlalu totalitas bermain juga lupa dengan rasa lelah dan mengakibatkan tubuh mereka kelelahan dan menjadi sakit.Untuk itu para orangtua harus memberikan jatah waktu yang relevan untuk anak bermain dan jangan lupa untuk memberi mereka makan terlebih dahulu sebelum bermain karena bermain juga membutuhkan tenaga yang cukup banyak bagi sang anak. (KHP)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
krisdahp

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF