Rayakan Milad ke-2, Mager Sukses Gelar Bincang Sastra


0
Komunitas Mahasiswa Penggerak (Mager)@Mager for MalangTODAY.net

Pada tanggal 14 November 2018 kemarin, Komunitas Mahasiswa Penggerak (Mager)  yang lebih dikenal dengan program Angkot Bacanya berulang tahun yang ke-2. Dalam acara memperingati miladnya ini Mager menggandeng dua sastrawan dalam diskusi bincang literasi sastra dan  masyrakat, yaitu Lintang Sugianto yang merupakan penyair, penulis Novel Matahari di Atas Gilli dan  A.S. Rosyid  penulis Gerimis di Atas Kertas.

Dalam diskusi hangat itu Mager mengundang beberapa teman-teman dari komunitas-komunitas lain untuk bergabung dan mengasah wawasan bersama-sama, dan terlihat antusiasme dari berbagai komunitas yang datang. Diskusi ini meliputi persoalan sastra dan menulis, Lintang dan Ical mengupas inti-inti dari menulis dan bersastra itu apa, “Bahwa segalanya itu dari dalam dan mengakar” ungkap penyair sekaligus pemilik cafe oksigen itu

Lintang  menekankan bahwa menjadi seorang penulis sastra adalah nasib yang baik dan patut untuk disyukuri karena menulis atau menjadi sastrawan tidak boleh meninggalkan hakikat kebeneran untuk tetap diungkapkan.

Baca Juga: Yuk! Makin Kreatif Ekspresikan Diri dengan SMACTION 2018

Komunitas Mahasiswa Penggerak (Mager)@Mager for MalangTODAY.net

Kita harus terbiasa mengelola rasa” , ucap Lintang dalam paparannya bagaimana memulai menulis.  Sementara itu,  A.S. Rosyid menguraikan  ada  bebrapa point yang harus direnungkan. “Saat ini kita sedang krisis bahagia dan krisis kedalaman berfikir”, tambahnya.

Acara itu berlangsung cukup hangat dengan hampir 2 jam diskusi dan ditutup dengan musikalisasi puisi dari anggota Mager.  Kini Mager telah berusia dua tahun, harapan-harapan menyoal eksistensi Mager untuk terus ada membumikan literasi kerakyatan di Kota Malang banyak terlantun dengan jelas dari setiap orang yang datang kesana. Mager digagas atas dasar keresahan-keresahan para relawan melihat kondisi literasi di Malang  yang semakain hari semakin minim.

Dengan terus membangun gerakan mahasiswa khususnya dalam bidang kiterasi kerakyatan para relawan Mager berharap dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam masyrakat melalau kinerja mahasiswa penggeraknya.

“Memasuki usia mager yang ke 2 tahun konsistensi langkah untuk tetap mengembangkan mager begitu di pegang erat oleh seluruh relawan penggerak”, terang Nurul Firdaus, Koordinator Komunitas Mager.

Banyak yang berpesan lewat acara milad mager bahwa mager merupakan komunitas yang patut dijaga dan terus dikembangkan hingga bertahun-tahun kedepan.

Baca Juga: Happiness is Sharing, Komunitas yang Membuat Kamu Semakin Happy

Komunitas Mahasiswa Penggerak (Mager)@Mager for MalangTODAY.net

Hingga 2 tahun berdirinya mager ini telah terdapat belasan angkot baca yang tersebar di setiap daerah rute angkot. Mager juga mrnjalankan beberapa program lain selain angkot baca yaitu angkot cerdas, angkot cerdas berfokus pada pembelajaran literasi kepada anak-anak. Yang menjadi sasaran mager adalah anak-anak yang berada di panti asuhan.

Kini relawan penggerak juga berasal dari beberapa universitas, bukan lagi diisi mahasiswa-mahasiswa UMM saja. Ini membuktikan bahwa mager mengalami perkembangan dan perluasan jaringan yang cepat dalam jangka 2 tahun ini.

Melalui acara milad perayaan anniversary mager tadi malam harapan besar seluruh relawan adalah mampu terus menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh komunitas literasi dan seluruh orang yang mau bergerak dalam bidang literasi dan terus sama-sama membumikan literasi di Kota Malang dan terus memperbaiki minta baca masyarakat. Karena seperti yang disampaikan oleh bunda Lintang bahwa membaca dan menulis itu sangat penting. Terus bergerak mahasiswa penggerak.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
1
geeky
love love
2
love
lol lol
1
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF