google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Resensi Novel Tanah Seberang Karya Kurnia Gusti Sawiji


0
Novel Tanah Seberang (Istimewa)

judul buku                   : Tanah Seberang

Penulis buku               : Kurnia Gusti Sawiji

Penerbit buku             : Buku Mojok

Tahun terbit                : Pertama, Juli 2018

Jumlah halaman         : 268 halaman

ISBN                           : 978-602-1318-68-3

Peresensi                     : Andre Erliawan Sabilal Muhtadin, Mahasiswa Universitas Muhammadyah Malang, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Novel Tanah Seberang karya Kurnia Gusti Sawiji mempunyai empat cerita yang berbeda tetapi disetiap cerita memiliki keunikan dan disetiap cerita tersebut juga mewakili dari judul buku. Kesan pertama saat membaca buku ini membuat penasaran dan ingin lanjut membaca buku ini.

Prolog cerita pertama menceritakan tentang tiga orang anak yang penasaran tentang dunia barat yang konon katanya menyajikan dunia yang berbeda terbalik dengan dunia timur yang mereka tempati, mereka berusaha merencanakan bagaimana caranya mereka bisa menuju dunia barat tanpa diketahui oleh sang ibu, karena sang ibu melarang ketiga bocah tersebut ke dunia barat karena mereka imigran gelap yang menetap di negara orang.

Cerita kedua menceritakan tentang dilema seorang anak yang memilih antara mempertahankan kewarganegaraanya atau merubah kewarganegaraanya. Jika dia mempertahankan kewarganegaraanya maka biaya pengobatan ayahnya akan mahal, karena ayahnya sedang sakit berat dan biaya pengobatan ayahnya sangatlah mahal, jika dia memilih mengganti kewarganegaraanya biaya pengobatan ayahnya akan lebih ringan karena biayanya nya dibantu oleh pemerintah, dia bingung antara memilih keluarganya yang sudah membesarkan dia dari kecil, atau memilih tanah air tumpah darahnya yang dia belum mengerti sama sekali tumpah darahnya sejak kecil. Cerita ketiga dan keempat harus membaca sendiri agar kemistri dari novel Tanah Seberang karya Kurnia Gusti Sawiji ini kena dan membekas.

Untuk kelebihan buku ini sendiri ceritanya menarik untuk dibaca, penulis sendri ingin pembacanya penasaran akan cerita yang terjadi dalam novel tersebut, walaupun ada empat cerita yang berbeda tetapi, disetiap cerita tidak membosankan, dan isi keempat cerita tersebut mewakilidari judul buku tersebut. Untuk kelemahannya tidaklah banyak hanya kata katanya susah dicerna jika hanya membaca sekali saja, bahkan dua atau tiga kali baru mengerti.

Kesan pertama membaca novel Tanah Seberang karya Kurnia Gusti Sawiji ini adalah penasaran akan cerita yang disajikan dalam novel tersebut, dalam novel tersebut kita juga bisa melihat kehidupan masyarakat yang notabene orang menengah kebawah, dinovel itu juga kita juga belajar tentang nilai nasionalisme atau cinta tanah air, karena di era sekarang rasa nasionalisme cinta tanah air pada generasi penerus bangsa menurun, bahkan budaya sendiri tenggelam dengan budaya asing yang dianggap generasi sekarang lebih menarik dibandingkan dengan budaya nenek moyang sendiri.

*) Andre Erliawan Sabilal Muhtadin, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadyah Malang.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF