google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Sejarah Hari Ini: Pembentukan Badan Keamanan Rakyat Pada 22 Agustus


0

Dalam rentetan sejarah perjalanan kemerdekaan Indonesia, tanggal 22 Agustus tahun 1945 merupakan salah satu hari bersejarah di Indonesia. Pada tanggal 22 Agustus 1945 dibentuk suatu badan untuk melakukan tugas pemeliharaan keamanan bersama-sama dengan rakyat dan jawatan-jawatan negara. Badan ini desibut dengan Badan Keamanan Rakyat atau lebih sering disebut dengan BKR.

Pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) digagas oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dalam sidangnya pada tanggal 22 Agustus 1945. Lalu kemudian diumumkan secara resmi oleh Presiden Soekarno pada tanggal 23 Agustus 1945.

Sebelumnya, PPKI sempat merundingkan tentang pembentukan tentara kebangsaan Indonesia pada rapat PPKI tanggal 19 Agustus. Namun, atas berbagai pertimbangan politik, tentara kebangsaan tidak jadi dibentuk dan diganti menjadi BKR. Pembentukan BKR akhirnya diputuskan pada tanggal 22 Agustus 1945.

Pada awal pembentukannya, anggota BKR adalah para pemuda Indonesia yang sebelumnya telah mendapat pendidikan militer sebagai tentara Heiho, Pembela Tanah Air (PETA), KNIL dan lain sebagainya. Sedangkan BKR tingkat pusat yang bermarkas di Jakarta saat itu dipimpin oleh Moefreni Moekmin.

BKR dalam perjalanannya mengalami banyak sekali perubahan.
Melalui Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945, BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Kemudian setelah mengalami beberapa kali perubahan nama akhirnya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berlaku hingga sekarang.

Layaknya TNI saat ini, BKR pada awal pembentukannya juga dibagi menjadi BKR darat, BKR laut, dan BKR udara. BKR darat/ BKR pusat terbentuk pada 29 Agustus 1945 dan diketuai oleh Moefreni Moekmin. BKR laut dibentuk pada 10 September 1945 dan dipimpin oleh Mas Pardi, kemudian disahkan oleh Komite Nasional Indonesia Pusat. Sedangkan BKR udara terbentuk dengan dipelopori oleh bekas anggota penerbangan Belanda dan Jepang yang ada di daerah-daerah pangkalan udara dan dibantu oleh para pemuda yang belum pernah bertugas di bidang penerbangan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF