google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Ssstt.. Ini Dia Loh 5 Rahasia Mengambil Travel Foto yang Ciamik Untuk Pemula

Bagaimana cara untuk mendapatkan foto yang bagus saat berlibur? Kita bisa memulainya dengan mengikuti tips dari travel photographer seperti Graeme Green.


0

Morning-in-Temple.jpg

Foto: Travel Fotografi

Bagaimana cara untuk mendapatkan foto yang bagus saat berlibur? Kita bisa memulainya dengan mengikuti tips dari travel photographer seperti Graeme Green. Photographer, jurnalis serta penulis yang berasal dari Inggris ini sudah menghabiskan 15 tahun mengelilingi planet ini, dari Kamboja ke Meksiko hingga Botswana mengabadikan photo yang luar biasa. Dia telah menghabiskan waktunya untuk mengambil gambar beberapa makhluk yang paling menakjubkan, termasuk gunung, gorila, kadal, singa, monyet, elang, gajah, kelelawar, pinguin dan masih banyak lagi. Singkatnya, ia tahu bagaimana mengambil gambar yang baik. Ini dia beberapa tips dari Graeme Green yang bisa meningkatkan skill travel photography kalian, dilansir dari forbes.com.

  1. Kapan Waktu yang Tepat

Untuk landscape photoghraphy, waktu menjadi penting. Pagi hari dan sore menjelang malam biasanya akan menghasilkan warma yang lembut dan bisa menghidupkan photo landscape. Photo pada siang hari yang dimbil di tempat yang sama akan menghasilkan gambar yang kebanjiran dengan cahaya putih atau kabut, dimana akan nampak mengerikan.

Hal yang sama berlaku juga pada tempat perkotaan, Jalan yang ada di Havana atau Oaxaca akan terlihat bagus jika dimbil pada pagi hari, yang mana akan mengeluarkan warna dari gedung-gedung, tembok dan membentuk bayangan yang menarik.

  1. Cara Terbaik Untuk Mengambil Gambar Potret

Menurut Graeme, tidak ada ‘cara terbaik’. Itu semua tergantung dengan bagaimana caramu mendekati objek. Tapi, Graeme merekomendasikan untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan. Jika objek photomu gelisah, bingung atau takut padamu dan kamera, maka itu bisa terlihat di gambar. Ambil waktu untuk mengenal objekmu dan buat mereka nyaman, lebih jauh lagi mereka tidak terlihat canggung di photo. 

  1. Haruskah Mulai Menggunakan Mode Manual?

Jawabannya adalah tentu saja. Kamera mungkin akan memilihkan shutter speed yang akan menyesuaikan dengan kondisi cahaya. Tapi tidak dengan objek atau orang yang bergerak cepat, jadi photomu akan buram. Bergantung pada efek ‘Auto’ pada kamera biasanya akan menghilangkan ciri khasnya dan mungkin tidak menghasilkan photo yang terbaik.

  1. Perlukah Selalu Menggunakan Tripod?

Tergantung, tripod berguna setiap saat kamu mengambil gambar landscape, untuk meyakinkan agar tidak goyang, gambar yang tajam dan saat menggunakan ISO yang rendah. Kita dapat menggunakan tripod untuk membuat eksperimen dan lebih kreatif, seperti long exposures.Travel photography biasanya berhubungan dengan mendaki ke desa terpencil, menyusuri hutan, dimana membawa tas berat dengan peralatan bisa menyusahkan. Di situasi seperti itu, peralatan yang sedikit, kamera yang ringan dan tanpa tripod akan lebih baik.

  1. Edit Photo, Bolehkah?

Tidak banyak profesional photographer untuk majalah atau koran yang melakukan edit photo. Sebeanrnya editing yang baik adalah mengedit sesuatu yang tak kamu lihat, editing yang memperbaiki photo daripada hanya membuatnya terlihat halus. Graeme sendiri tidak setuju dengan bergantung pada editan. Edit photo akan mengambil ketidaksempurnaan photo dan berpikir bahwa ‘saya bisa memperbaikinya nanti’ di komputer. Itu mungkin berhasil bagi sebagian orang. Tapi akan merusak kesenangan dari photography itu. (pw)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF