google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Tak Hanya Nikmat, Daun Kemangi Juga Memiliki Beragam Manfaat Lho!

Bagi kebanyakan masyarakat indonesia sudah tak asing lagi jika mendengar daun kemangi. Daun satu ini biasanya dijadikan pelengkap sambel lalapan


0

HIPSTERMALANGTODAY- Bagi kebanyakan masyarakat indonesia sudah tak asing lagi jika mendengar daun kemangi. Daun satu ini biasanya dijadikan pelengkap sambel lalapan atau berbagai hidangan lainnya. Selain rasa nya yang nikmat aroma yang dimiliki daun kemangi ini juga segar. Apalagi jika diolah dengan cara yang benar. Daun ini bisa jadi alternatif hidangan yang nikmat loh. Namun tak hanya kenikmatan, daun kemangi ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja sih manfaat daun kemangi bagi tubuh kita? Yuk kita cari tahu.

1. Meredakan stres

Dari banyaknya tanaman herbal yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Kemangi menjadi salah satu yang paling banyak dipakai dan diakui khasiatnya. Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa daun kemangi ini dapat meredakan stres fisik, metabolisme, hingga stres psikologis dengan kombinasi obat – obat an yang direkomendasi dokter. Daun ini juga dapat membantu organ dan jaringan karena stres kimia dari paparan polusi industri, logam berat, atau aktivitas fisik yang terlalu berat.  Daun kemangi juga dapat meredakan stres metabolik seperti mengendalikan gula darah, tekanan darah dan kadar lipid karena memiliki sifat anticemas.

2. Mencegah DBD

Seiring menyebarnya kasus demam berdarah ada satu cara yang bisa kalian terapkan untuk mencegah penularan infeksi penyakit demam berdarah. Penelitian membuktikan bahwa ekstrak daun kemangi bisa dijadikan sebagai inteksida dalam obat nyamuk bakar untuk mencegah gigitan nyamuk. Kandungan flavonoid, saponin, tanin, dan minyak atsiri dalam daun kemangi ini diteliti bersifat racun bagi nyamuk.

3. Manfaat lainnya

Selain yang sudah dijelaskan manfaat daun kemangi di atas. daun ini juga di klaim memiliki manfaat lain seperti dapat menghilangkan bau mulut dan bau badan berlebih, memperlancar pencernaan, meringankan perdangan hingga mampu menyehatkan kulit. Namun banyaknya manfaat lain daun kemangi ini juga belum terbukti secara klinis dan masih dibutuhkan banyak penelitian agar mampu mengkonfirmasi berbagai temuan tersebut. (KHP)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
krisdahp

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF