google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Tanda-Tanda Awal Kamu Berada dalam Toxic Relationship


0

Hubungan yang terjalin dari sepasang kekasih memang pada umumnya didasarkan pada rasa cinta dan perasaan dimana mereka berdua merasa berarti satu sama lain. Namun apa jadinya jika pasangan kita  berperilaku bukan seperti apa yang kita pikirkan? Hal inilah yang kemudian perlu kita waspadai.

Dilansir dari pijarpsikologi.org, Toxic relationship adalah hubungan yang tidak menyenangkan bagi diri sendiri atau orang lain. Hubungan ini juga akan membuat seseorang merasa lebih buruk.

Jika seseorang tengah berada dalam toxic relationship, maka akan timbul konflik batin yang kemudian mengarah pada emosi yang tidak terkendali, depresi dan juga kecemasan. 

Waspadai beberapa tanda awal ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber agar kamu sadar apakah hubunganmu dengan pasanganmu merupakan hubungan yang sehat atau kamu sedang berada dalam toxic relationship.

1. Pasanganmu sering curhat soal mantan pacarnya

Jika kamu merasa bahwa kamu sering dijadikan tempat curhat dan terus merasa seperti berusaha menghibur pasanganmu yang selalu membicarakan tentang mantannya, maka itu adalah tanda bahwa pasanganmu belum bisa move on dari mantannya.

Kamu mungkin tidak menyadarinya karena jika kamu sudah menyayangi pasanganmu, kamu mungkin akan memaklumi hal tersebut dan terbutakan akan fakta bahwa pasanganmu tidak menyayangimu karena hatinya masih berada pada orang lain.

Berusahalah untuk menyadari bahwa peranmu dalam hubungan ini bukanlah hanya sekedar untuk pelampiasan pasanganmu karena mantannya. Kamu berhak dan patut untuk dicintai.

2. Pasanganmu sering berbohong padamu tentang apapun

Jika kamu menemukan bahwa pasanganmu berbohong bahkan tentang hal sepele, maka kamu perlu mempertimbangkan kepercayaanmu kepada pasanganmu.

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang dibentuk dari kepercayaan, kejujuran, saling mengerti, dan juga komunikasi yang terbuka. Namun jika pasanganmu memilih untuk berbohong dan tidak mengatakan perasaannya yang sebenarnya, maka ini adalah tanda-tanda awal akan toxic relationship.

3. Pasanganmu menggunakan trik ‘Love Bomb’ kepadamu

Love bombing adalah teknik manipulasi emosi yang digunakan untuk mendapatkan apapun yang seseorang mau dari pasangannya.

Love Bombing melibatkan pasanganmu yang menawarkan perhatian yang intens dan membombardirmu dengan banyak pujian. Pasanganmu akan sengaja menempatkanmu pada suatu level untuk membuatmu merasa bergantung padanya. Ia melakukannya supaya kamu merasa bahwa hanya dirinyalah yang dapat membuatmu nyaman akan dirimu sendiri. Hal ini yang menjadikan ‘toxic’ bagi kalian berdua. 

4. Pasanganmu sering memonitormu

Jika pasanganmu sering mengecek handphonemu, meneleponmu setiap jam untuk menanyakan kamu sedang apa dan dimana, melihat media sosialmu yang sudah melewati batas wajar hingga kamu tidak memiliki privasi sama sekali maka ini adalah tanda awal akan sebuah toxic relationship.

5. Mengancam akan mengakhiri hubungan

Jika pasanganmu sering sekali mengeluh akan suatu hal yang sepele atau akan masalah yang sedang terjadi dengan mengancam akan mengakhiri suatu hubungan, ini adalah tanda awal akan toxic relationship.

Contohnya adalah jika kamu menemui pasanganmu mengatakan “Aku tidak bisa pacaran dengan orang yang susah dihubungi” atau “Aku sering merasa kamu tidak peduli denganku” dan pertanyaan lain yang akhirnya membuatmu merasa ketakutan dan tertekan akan setiap hal yang akan kamu lakukan. Ini juga merupakan salah satu bentuk manipulasi emosi yang dilakukan oleh pasanganmu. 

6. Kamu tidak menjadi dirimu yang sebenarnya

Ketika menjalani suatu hubungan tentunya akan terjadi beberapa perubahan dimana kedua pasangan berusaha menyamakan satu sama lain. Perubahan yang baik dalam suatu hubungan pastinya akan membawamu menjadi pribadi yang lebih baik, tetapi jika perubahan tersebut malah membuat dirimu merasa bukan dirimu yang sebenarnya atau tidak mengenali dirimu maka ini adalah tanda awal bahwa kamu sedang berada dalam toxic relationship. 

7. Pasanganmu mengasingkan atau mengisolasi dirimu

Jika kamu merasa harus meminta izin kepada pasanganmu sebelum melakukan segala sesuatu, bisa jadi pasanganmu adalah seseorang yang posesif.

Abusers atau pelaku kekerasan memiliki kecenderungan untuk mengisolasi atau mengasingkan pasangan mereka untuk mencegah orang lain untuk menolong korban untuk kabur atau lepas dari pelaku kekerasan tersebut.

Pasanganmu bisa juga memicu konflik antara dirimu dan keluargamu dan teman-temanmu sehingga kamu merasa tidak dekat dengan mereka. Trik ini digunakan agar pasanganmu dapat mempertahankan kekuasaan dia dan dapat tetap mengontrolmu. 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF