google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Tanda-Tanda Kamu Memiliki Gangguan Kecemasan Tanpa Kamu Menyadarinya

Rasa cemas dan khawatir sudah pasti pernah dirasakan oleh banyak orang. Kenali beberapa tanda ini untuk mengetahui apakah kamu mengalami gangguan kecemasan.


0

Rasa cemas dan khawatir sudah pasti pernah dirasakan oleh banyak orang seperti ketika akan wawancara kerja, hari pertama sekolah, berbicara di depan umum, memikirkan sesuatu secara berlebihan akibat masalah keluarga, pertemanan, percintaan, pekerjaan dan masih banyak lagi yang mengakibatkan orang merasa gugup. 

Cemas atau dalam bahasa inggris disebut dengan anxiety merupakan reaksi terhadap stres yang memiliki gejala psikologis dan fisik, hal ini merupakan respon alami dari tubuh kita. Respon tersebut dapat berbeda pada setiap orang. Ada orang yang dapat mengendalikan perasaan cemas dan ada juga yang kurang mampu. pada orang yang kurang mampu mengendalikan perasaan cemasnya, hal ini dapat menetap dan dapat mengganggu aktivatas sehari-hari. kondisi inilah yang dikatakan sebagai gangguan kecemasan atau anxiety disorder. 

Dilansir dari hellosehat.com, terdapat beberapa gejala umum pada orang yang memiliki gangguan kecemasan yakni mudah lelah, perasaan gelisah, sulit berkonsentrasi, dada sakit dan mengalami gangguan tidur. 

Namun bukan itu saja ternyata gejala dari gangguan kecemasan. Ada beberapa gejala lain yang mungkin kamu alami dan kamu tidak menyadarinya. Dilansir dari psych2go.net, berikut adalah gejala-gejala gangguan kecemasan yang mungkin kamu alami dan kamu tidak menyadarinya. 

Kepala Pusing Hebat

Jika kamu sering merasakan sakit kepala yang sangat hebat dan berkepanjangan, kamu mungkin memiliki gangguan kecemasan atau stres kronis (parah). Sakit kepala atau juga migraine merupakan hal umum yang terjadi pada para pengidap gangguan kecemasan.

Sering buang air

Studi pada tahun 2011 menunjukkan adanya keterkaitan antara sering buang air dengan kecemasan. Kyle Staller MD menyatakan bahwa stres dapat menumbulkan ketidakteraturan pergerakan usus. Rasa gugup yang kita rasakan pada perut kita adalah otot pencernaan kita yang kejang, yang kemudian mempercepat proses pencernaan dan menimbulkan diare dan konstipasi. 

Kram otot 

Kram otot yang sering kamu alami di bagian leher, punggung dan pada rahang merupakan gejala dari stres. Rasa kaku pada bagian tubuhmu adalah tanda bahwa kamu harus menghilangkan stres. Olahraga dengan teratur seperti jogging, yoga, hingga jalan cepat dapat membantu untuk mengilangkan kram otot akibat stres.

Perfeksionis 

apakah kamu sering mendapati dirimu harus mendapatkan nilai yang sempurna dalam ujian? Atau projek yang kamu lakukan harus berhasil dengan sempurna? Nilai-nilai yang sudah kamu letakkan sebagai dasar kesuksesan ini sebenarnya akan memberikan dampak stres pada dirimu sendiri. Ketakutan akan kegagalan dan perasaan tidak berguna akan menyerangmu dan membuatmu mengalami gangguan kecemasan.

Masalah kepercayaan (trust issue)

Apakah kamu sering merasa terintimidasi ketika kamu bertemu dengan orang baru? Persepsi ini mungkin diakibatkan oleh kecemasan. Studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa orang yang mengidap gangguan kecemasan kurang dapat membedakan antara situasi aman dan tidak. 

Kebiasaan menggigiti kuku

Kebiasaan yang satu ini merupakan salah satu reaksi dari stress dan kecemasan. Dengan menggigiti kuku, orang-orang berusaha untuk menghilangkan ketegangan dan rasa gugup mereka. Selain kebiasaan ini, terdapat kebiasaan lain yang mungkin di lakukan oleh rang-orang untuk mengurangi rasa tegang dan gugup seperti menggerakkan kaki, menggaruk bagian tubuh tertentu dan masih banyak lagi.

Jika kamu mengalami beberapa gejala diatas, tidak ada salahnya mengkonsultasikan gejala yang kamu alami ke dokter. Dengan berkonsultasi ke dokter, kamu akan mengetahui pada level mana gangguan kecemasanmu dan juga metode apa yang cocok untuk penyembuhan gangguan ini. Perubahan gaya hidup juga dapat meringankan gangguan ini. Dengan pola makan dan pola olahraga yang baik dan teratur, gangguan kecemasan dapat diminimalisir. 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF