google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Ternyata Perpaduan Makanan dan Minuman Ini Tidak Baik bagi Tubuh


0

Kombinasi makanan dan minuman yang banyak disantap orang ternyata belum tentu sehat bagi tubuh, bahkan bisa mengganggu kesehatan. Ada baiknya menengok kembali apakah sesuatu yang lezat atau praktis juga baik bagi tubuh. Berikut adalah perpaduan makanan dan minuman yang tidak baik bagi tubuh, dikutip dari beberapa sumber:

1. Sandwich dan kopi instan
Ternyata Memadukan Makanan dan Minuman Ini Tidak Baik bagi Tubuh

Ini jenis sarapan yang sangat sering ditemukan. Bagi banyak orang ini sudah jadi kebiasaan. Masalahnya, karbohidrat sederhana di dalam roti sandwich mencegah kalsium di dalam keju untuk bisa dicerna dengan baik, padahal kalsium baik bagi kesehatan kardiovaskular. Jika ditambah kopi instan, tidak ada manfaatnya sama sekali bagi kesehatan. Solusinya: minumlah teh hijau, jangan kopi.

2. Kentang dan daging

Siapa bisa menolaknya? Sudah jelas enak. Tapi ini sebenarnya kombinasi yang tidak sehat. Pati yang dikandung kentang memerlukan cairan pencernaan yang alkalotis. Sementara protein di dalam daging memerlukan cairan pencernaan yang asam. Jika dikombinasikan, kedua makanan tertimbun di dalam perut dan menyulut rasa mulas, bersendawa dan penumpukan gas.

3. Pasta dan daging cincang

Ini kabar buruk bagi penggemar makanan spaghetti bolognese (foto). Tapi seperti halnya kombinasi daging dengan kentang. Kelenjar liur pada manusia menghasilkan amilase, yang mentransformasi pati di dalam pasta menjadi gula. Dan jika gula sederhana menyelubungi protein, yang terdapat dalam daging, maka terbentuklah campuran kimia berbahaya yang bisa menyebabkan diabetes dan penyakit kardiovaskular.

4. Produk susu dan nanas

Resep es krim nanas atau milk shake yang lezat bisa ditemukan di internet. Tetapi makanan asam membuat pencernaan berjalan lambat, terutama di pagi hari. Selain itu, nanas mengandung ensim bromelain yang bisa menyebabkan keracunan jika dicampur dengan produk susu. Bromelain juga menyebabkan susu mengental. Solusinya: campur aprikot atau prem kering dengan produk susu. Segar dan mudah diolah tubuh.

5. Mentimun dan tomat

Ini salah satu kombinasi sayuran yang paling sering ditemukan di berbagai negara. Tapi menurut riset, kombinasi ini bisa mengganggu proses biokimia tubuh. Ini bisa menyulut proses pengapuran. Selain itu, waktu pencernaan kedua sayuran ini berbeda. Jika dikombinasikan, malah mengganggu sistem pencernaan. Jadi sebaiknya disantap secara terpisah.

6. Teh dan madu

Madu dinilai sebagai pemanis yang lebih sehat daripada gula. Tetapi dalam suhu tinggi bisa bermasalah. Madu yang lumer di dalam teh, dan dalam suhu tinggi terus menerus, misalnya di dalam termos, sebabkan Hydroxymethylfurfural (HMF), yang merugikan tubuh. Solusinya: nikmati madu dengan minuman dingin. Jika dengan kopi atau teh sebaiknya, pada suhu 50°-60° dan dihabiskan dalam beberapa menit.

6. Bir dan kacang

Ini kerap ditemui jika orang menikmati waktu luang bersama teman. Makanan berkadar garam tinggi mengandung banyak sodium, sehingga tubuh kehilangan banyak cairan, dan orang jadi haus. Akibatnya orang minum bir lebih banyak lagi, padahal bir mengandung kalori dalam jumlah cukup tinggi. Ini bisa menambah bobot tubuh. Solusinya: minum air putih atau air soda juga.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF