google-site-verification=bz7-mESomjIDIqdIIkzPwd8yqdX8UWO4O1wY2S9zFe0

Wali Kota Semarang Resmikan Larangan Penggunaan Plastik


0

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi resmikan larangan penggunaan plastik dalam aktivitas perdangangan. Akan ada empat sanksi yang diterapkan bagi siapapun yang melanggar.

Aturan baru ini tertuang dalam Peraturan Wali Kota Semarang nomor 27 Tahun 2019 tentang Pengendalian Sampah Plastik yang sudah dikeluarkan sejak Juni 2019.

Dalam peraturan tersebut bentuk plastik yang akan dilakukan
pengendalian yaitu kantong plastik, sedotan, pipet plastik dan styrofoam. Sedangkan pelaku usaha yang dimaksud adalah hotel, toko modern, restoran dan penjual makanan.

“Pengecualian dilakukan bagi yang belum bisa menemukan alternatif ramah lingkungan lain selain plastik,” kata Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang, Senin (12/8/2019) seperti yang dikutip dari Kumparan.

Bagi mereka yang melanggar akan ada tindakan yang akan dilakukan. Tindakan tersebut mulai dari teguran tertulis, paksaan pemerintah, pembekuan izin usaha, dan pencabutan izin usaha.

Wali Kota Semarang menekankan bahwa pemberlakuan peratuaran inibukan untuk mempersulit aktivitas perdagangan di Kota Semarang.

“Saat ini laju ekonomi di Kota Semarang ada pada tren positif, setelah sebelumnya hanya berkisar di 5 koma, di 2017 dan 2018 sudah mencapai 6,5. Maka kami akan jaga betul agar semangat pengendalian plastik ini tidak menyulitkan kemudian,” jelas Hendi.

Hendi juga menyebutkan bahwa sosialisasi sudah silakukan termasuk pada Idul Adha kemarin. Pembagian daging kurban tidak lagi menggunakan plastik namun diganti dengan besek.

Selain itu, sosialisasi juga dilakukan saat event Semarang Introducing Market di bantaran Sungau Banjir Kanal Barat Semarang yang akan berlangsung pada tanggal 21 sampai 24 Agustus 2019 yaitu dengan menukarkan satu kantong sampah plastik dengan segelas kopi.

Hendi berharap masyarakat dapat mendukung aturan baru tentang pengelolaan sampah demi lingkungan yang lebih baik.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF